Scroll to Top

AMD Tertarik Besut Produk Android & Chrome OS

By Ditya / Published on Thursday, 06 Jun 2013
AMD Logo baru
Logo Baru AMD

Advanced Micro Device atau AMD ternyata juga tertarik untuk membesut produk dengan sistem operasi Android dan sistem operasi berbasis cloud, yakni Chrome OS. Pernyataan ini berbeda dengan pernyataan yang pernah diungkapkan AMD bahwa pihaknya hanya tertarik untuk merancang produk berbasis Windows 8.

Ramainya pasar perangkat mobile yang terdiri daru tablet, convertible notebook, dan smartphone dengan sistem operasi Android ini tampaknya mampu menggoda ‘iman’ AMD. Produsen prosesor x86 terbesar kedua setelah Intel ini sebelumnya hanya berkomitmen untuk produk berbasis Windows 8, tetapi kini AMD mulai melirik Android dan Chrome OS.

“Kami sangat berkomitmen untuk Windows 8, tapi kami juga melihat pasar untuk Android dan Chrome berkembang juga,” kata Lisa Su, wakil presiden senior AMD.

Intel yang merupakan kompetitor dan musuh bebuyutan AMD telah mulai terjun di pasar Android melalui jajaran prosesor Atom yang kini telah diadopsi oleh beberapa produsen smartphone, sebut saja Acer Liquid C1, ZTE Grand X2 IN atau Lenovo K900.

Berdasarkan informasi dari sebuah laporan yang beredar, AMD dikabarkan mulai mengikuti jejak Intel untuk masuk ke pasar Android dan Chrome OS. Tak seperti Intel yang hanya merilis prosesor mobile, AMD ingin terlibat lebih jauh dalam merancang produk dengan sistem operasi Android.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (05/06/2013), sebuah rumor beredar bahwa AMD saat ini tengah mengembangkan prosesor berbasis ARM, sama seperti yang digunakan oleh chipset MediaTek, Nvidia Tegra, dan Qualcomm Snapdragon. Sayangnya, sampai saat ini pihak AMD belum mengonfirmasi hal ini.

AMD sendiri saat ini cukup serius menggarap pasar tablet berbasis Windows 8 dengan menghadirkan APU (Accelerated Processing Unit) Temash yang diklaim hemat daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda