Spanyol vs Rusia 1

Hasil pertandingan Spanyol vs Rusia dalam babak penyisihan Piala Eropa U-21 di Grup B berakhir dengan skor 1-0. Bermain di Stadion Teddi Malcha pada Kamis, 6 Juni 2013, La Rojita yang mendominasi jalannya laga akhirnya memetik tiga angka penuh berkat gol Alvaro Morata di menit 81. Kemenangan ini modal penting bagi sang juara bertahan untuk menyegel gelar Euro U-21 mereka.

Spanyol yang diarsiteki Julen Lopetegui, menurunkan para pemain yang telah malang-melintang di liga-liga top Eropa. Dengan skema 4-5-1 mereka mengandalkan gebrakan Iker Muniain (Athletic Bilbao)-Cristian Tello (Barcelona) dari sayap dan gedoran Thiago Alcantara (Barcelona)-Isco (Malaga) dari tengah. Sementara, Rusia berharap ketajaman penyerang tunggal Denis Cherysev (Real Madrid) bekerja.

Seperti seniornya, La Rojita dominan dalam penguasaan bola. Mereka pun menebar peluang melalui Martin Montoya (‘9) dan tandukan Marc Bartra selang semenit. Rusia pantang menyerah, mereka berusaha menembus tembok keunggulan Spanyol yang tampaknya berusaha sesegera mungkin menciptakan gol.

Kemampuan Si Merah dalam mengontrol keadaan belum juga berbuah. Ancaman terutama datang dari Cristian Tello. Isco juga menampilkan permainan mengilap yang layak membuat Vicente Del Bosque menaruh kepercayaannya di timnas senior.

Namun, babak pertama harus ditutup dengan skor kacamata. Peluang Tello di menit 37, dijawab oleh Pavel Yakovlev yang belum mau Rusia tenggelam. Upaya Asier Illaramendi di ujung paruh pertama juga masih tak berhasil menembus gawang Nikolai Zabolotny.

Spanyol vs Rusia 3

Spanyol vs Rusia 2

Pasca turun minum, Spanyol masih saja menyengat. Rodrigo (’47), Isco (’49), dan Tello (’52) berupaya membuka kran gol. Tapi Rusia menjalin pertahanan apik dan memaksa La Rojita mengubah strategi. Alvaro Morata dan Sergio Canales yang mekar dihadirkan untuk menghentikan tembok kokoh Rusia di di belasan menit akhir.

Puncak pencarian Spanyol terjawab di menit 81. Berawal dari umpan tendangan bebas Thiago Alcantara dari sudut kanan, Alvaro Morata melepas tandukan yang tak bisa dibendung lagi oleh Zabolotni. Kerjasama Barca-Madrid melahirkan gol untuk La Rojita.

Aksi Morata selang tujuh menit tidak menambah gol untuk Spanyol. Namun, kemenangan tetap digapai sang juara bertahan sebelum bertemu dua lawan yang tak kalah tangguh, Belanda dan Jerman.

Rusia: Zabolotni, Schennikov, Chicherin, Burlak, Belyaev, Tsallagov (Kirilov ’79), Petrov, Shatov, Bibilov (Grigoriev ’46), Yakovlev, Cherysev (Kanunnikov ’57).

Spanyol: De Gea, Montoya, Bartra, Iñigo Martínez, Alberto Moreno, Illarramendi, Thiago, Isco, Muniain (Morata ’61), Tello (Koke ’84). Rodrigo (Canales ’77).