Kenaikan BBM Menteri ESDM Umumkan Harga BBM Bulan Ini

Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan kenaikan BBM bersubsidi pada bulan ini. Sementara, Kartu Perlindungan Sosial (KPS) mulai dibagikan per Kamis, 6 Juni 2013 sebagai kompensasi naiknya harga BBM bersubsidi untuk rakyat miskin.

Dituturkan oleh Firmanzah, staf khusus presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan kepada Tempo, sejak awal Presiden sudah menyatakan perlunya penyesuaian harga BBM demi azas keadilan dan kesehatan fiskal. Harga BBM sendiri nantinya akan diatur dalam peraturan Menteri ESDM. Mengenai bocoran kapan pengumuman tersebut berlangsung, Firmanzah tidak membantah bulan Juni ini segalanya akan terungkap. Namun, kapan tanggal pastinya, masih rahasia.

Di sisi lain, Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang dijadikan kartu identitas penerima dana kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi, sudah mulai diedarkan per Kamis, 6Juni 2013. Pada tahap awalm kartu ini digunakan untuk mengambil beras miskin (raskin). Menko Kesra, Agung Laksono, tidak menampik kemungkinan KJS ini akan digunakan untuk program lain. Namun, semuanya kembali, apakah progam lain seputar perlindungan sosial untuk rakyat miskin disetujui oleh DPR atau tidak.

Raskin yang disiapkan pemerintah sebagai salah satu solusi kenaikan harga BBM, kuantitasnya akan dinaikkan oleh pemerintah. Mulai Januari 2014 mendatang, jatah beras miskin yang awalnya hanya 15 kilogram akan dinaikkan menjadi 20 kg. Hal ini wajar mengingat pemerintah menyiapkan dana senilai 4-5 triliun untuk program ini. Diharapkan raskin ini dapat membantu 15,5 juta rumah tangga di seluruh wilayah Indonesia.

Di parlemen sendiri, salah satu program kompensasi lain, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) anggarannya sudah disetujui oleh Komisi VII DPR per Rabu, 5 Juni 2013 lalu. Pemerintah menyambut baik keputusan DPR, juga saran agar pengawasan penyaluran program ini dimaksimalkan agar benar-benar tepat sasaran.