Share

Belanda vs Jerman

Gol Leroy Fey di menit 90 menjadi penentu hasil pertandingan Belanda vs Jerman yang berujung dengan skor 3-2. Bermain di Stadion HaMoshava, Petah Tiqva dalam lanjutan babak penyisihan Euro U-21, gol-gol Adam Maher (’24) dan Georginio Wijnaldum (’38) dibalas Sebastian Rudy (’46) dan Lewist Holtby (’81). Namun, Jong Oranje berhasil meraih kemenangan di ujung laga dan menggeser Spanyol sebagai pemuncak Grup B.

Setelah keberhasilan Spanyol yang mendominasi duel menghadapi Rusia, Belanda tidak mau kalah. Anak asuh Cor Pot lebih menguasai keadaan dibandingkan pasukan Rainer Adrion meski sama-sama memainkan formasi 4-2-3-1. Ancaman ke gawang Bernd Leno sudah dilakukan oleh Marco van Ginkel di menit ketiga, disusul pemuda sensasional Adam Maher empat menit berselang.

Akhirnya, Adam Maher pula yang memecah kebuntuan. Peragaan olah bola yang apik disuguhkan Ola John sebelum menyodorkannya kepada Si Nomor 10. Tembakan Maher melesak sementara Bernd Leno salah langkah. 1-0 dan Jong Oranje tampak bisa memperbesar keadaan dengan kendali sepenuhnya di tangan mereka.

Belanda vs Jerman

Jarak melebar di menit 37. Adalah Georginio Wijnaldum pelakunya. Menggiring bola di sisi kiri pertahanan Jerman, ia melewati tiga pemain tim panser muda sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang kencang. Upaya Bernd Leno menepisnya, tak berpengaruh, bola tetap masukke gawang Jerman.

Sebastian Rudy nyaris memperkecil kekalahan selang semenit. Namun tembakannya masih tipis di samping gawang Jeroen Zoet. Sesuatu yang membuat tim Oranje melangkah nyaman menuju turun minum dengan margin dua angka.

Belanda vs Jerman 2

Awal babak kedua, skor menipis. Adalah penalti Sebastian Rudy pada menit 46 yang membuat Jerman sedikit bisa memperpanjang napas.

Tim panser muda terus dan terus mencari gol tambahan yang tak kunjung hadir. Hingga, kemudian Lewis Holtby menyamakan keduudkan di menit 81. Ketika itu, Holtby yang menerima umpan lemparan ke dalam, berlari dari sisi kanan pertahanan Belanda untuk mencari celah sebelum tembakannya tak mungkin dihalau lagi oleh Zoet. Skor imbang 2-2 dengan cara dramatis.

Bencana datang untuk Jerman ketika mereka mulai tenang. Menyambut tendangan sudut, Leroy Fey yang masuk menggantikan Adam Maher mencetak gol ketiga Belanda ke gawang Bernd Leno kala laga menyisakan injury time.

Skor akhir 3-2 dan Belanda sementara memimpin grup B mengantikan Spanyol.

Beland.a: Zoet, Van Rhijn, de Vrij, Martins Indi, Blind, Strootman, Maher (Fer ’82), Wijnaldum (Jozefzoon ’67), van Ginkel, de Jong, John (Depay ’82).

Jerman: Leno, Jantschke, Thesker, Ginter, Sorg, Rudy, Rode (Polter ’80), Mlapa (Volland ’41), Holtby, Herrmann, Lasogga (Clemens ’61).