Scroll to Top

NSA & FBI Miliki Akses Data Pengguna Google, Facebook, dan Microsoft?

By Ditya / Published on Friday, 07 Jun 2013

NSA FBI

Setelah beberapa waktu lalu terungkap bahwa FBI dan NSA dapat mengakses jutaan data pelanggan operator Verizon, kini FBI dan NSA dikabarkan memiliki akses data pengguna Google, Microsoft, dan Facebook. Hal ini terungkap setelah munculnya dokumen rahasia yang menunjukkan bahwa NSA dan FBI menarik dan mengakses data pengguna dari sembilan server perusahaan besar Amerika Serikat.

Sementara itu, pihak Gedung Putih mengatakan bahwa akses data pengguna itu penting untuk mengatisipasi terrorisme dan pemerintah AS mengatakan bahwa hal tersebut tidak digunakan untuk memata-matai pengguna.

Seperti yang kita ketahui, maraknya isu terorisme ini kadang membuat pemerintah AS paranoid dan melakukan pelbagai hal termasuk melanggar privasi pengguna dengan mengambil data melalui NSA dan FBI.

Berdasarkan sebuah dokumen yang dikirim ke The Washington Post ini menunjukkan sebuah program atau operasi yang disebut dengan PRISM yang memungkinkan akses langsung ke data pengguna dari server Apple, YouTube, Skype, AOL, Facebook, Google, Yahoo, Microsoft, dan PalTalk.

Munculnya kabar ini tampaknya membuat Apple tersinggung dan mengatakan bahwa dokumen rahasia yang disebut dengan program PRISM tersebut adalah palsu dan hal itu tentu saja tidak benar.

“Kami tidak pernah mendengar tentang PRISM. Kami tidak menyediakan instansi pemerintah dengan akses langsung ke server kami, dan instansi pemerintah meminta data pelanggan harus mendapatkan perintah pengadilan,” tanggapan Apple.

Seperti yang dilansir dari Slashgear yang mengutip dari The Washington Post (06/06/2013), proyek yang disebut dengan PRISM ini bertujuan untuk menyediakan akses bafi FBI dan NSA untuk mendapatkan data pengguna dan konten yang bersifat pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda