Scroll to Top

FB dan Twitter SBY Jadi Incaran Peretas

By Ibnu Azis / Published on Friday, 07 Jun 2013

SBY

FB dan Twitter SBY bisa saja jadi incaran hacker atau peretas. Jika menilik dari kasus-kasus sebelumnya, bila ditinjau dari aspek popularitas, akun media sosial presiden masuk dalam target yang potensial.

I Made Wiryana, dosen Universitas Gunadarma berujar pada Okezone jika peretas miliki banyak motif tatkala lakukan serangan. Mereka, jelasnya, membawa misi tertentu. Ada yang iseng, misi politis, ekonomi, termasuk popularitas.

Terkait aspek terakhir, menurut pakar IT ini, aksi yang dilakukan hacker wajib diketahui khalayak umum. Itulah mengapa mereka kerap menyerang situs pemerintah. Mengingat SBY saat ini tengah gencar gunakan Twitter dan segera mesbuk, bukan berarti akunnya bebas serangan hacker.

Dalam pada itu media sosial menurutnya rentan akan serangan yang sifatnya simantik. Maksudnya, status asli yang ditulis bisa dengan mudah diubah dan dipublikasikan kembali. Selain simantik, kata dia, media sosial punya viral, bisa menyebar dengan cepat.

I Made Wiryana juga menyoroti kasus penyerangan yang bersifat fisik, misalnya merusak infrastruktur atau hardware. Namun menurutnya, serangan simantik lebih berbahaya daripada fisik.

Serangan simantik sukar untuk diidentifikasi. Mengedit atau mengolah status original dan ungkapkan kabar bohong seolah-olah ditulis oleh aslinya. Kasus ini sering dijumpai di Twitter (edit retweet). Sedangkan serangan fisik lebih mudah untuk mengidentifikasi.

Namun kini telah hadir standard operating procedure (SOP) atau tata kelolanya. Ini berarti untuk mencegah serangan yang demikian pengelola akun wajib lakukan langkah-langkah tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda