Scroll to Top

Bob Edwards, Meski Usianya Telah 1 Abad Kakek Ini tetap Nyetir Sendiri

By Ibnu Azis / Published on Friday, 07 Jun 2013
Bob Edwards
Bob Edwards

Pada tahun 1925, Bob Edwards yang kala itu masih berusia 17 tahun mendapat surat izin mengemudi yang ia idam-idamkan. 88 tahun kemudian atau di usia ke-105 tahun, ia masih tetap mengemudi sendiri. Ya, Bob Edwards mungkin adalah pengemudi paling tua di dunia.

Usianya boleh menginjak satu abad. Lahir pada tahun 1908, Bob Edwards belajar pertama kali mengemudi gunakan mobil Perancis dengan batang kemudi. Bukan roda setir.

Dua tahun setelah surat izin mengemudianya keluar, Bob Edwards melihat sebuah iklan Bala Keselamatan untuk ditempatkan di daerah koloni Inggris. Tanpa berfikir panjang ia kemudian mendaftar.

SIM Bob Edwards
SIM Bob Edwards yang diperoleh tahun 1925

Sejurus kemudian, ia akhirnya ditempatkan ke Selandia Baru. Bob Edwards enggan memilih daerah koloni lain macam Kanada atau Australia. Tahukah Anda jika dirinya selama berkarir sebagai supir hanya pernah alami kecelakaan satu kali saja.

Tak hanya itu, selama hidupnya pula Bob Edwards hanya pernah ditilang satu kali. Pada kasus penilangannya pun ia merasa diperlakukan tidak adil. Bob Edwards tak anggap itu sebagai kasus tilang.

Di usianya yang kian senja, ia tetap aktif mengemudi setidaknya tiga kali dalam sepekan. Dengan menempuh jarak 15 kilometer, ia mengambil barang yang diperlukan di hari Minggu dan koran di hari lainnya.

Bob Edwards Kondisi Tubuh
Bob Edwards rutin menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima

Sang istri, Lesley Edwards pensiun lebih dini untuk berhenti nyetir sejak 30 tahun yang lalu. Ia kini berusia 91 tahun dan sejak berhenti mengemudi selalu diantar kemana pun oleh Bob Edwards.

Bagi mereka warga Selandia Baru usia lanjut diatas 80 tahun, wajib serahkan sertifikat kesehatan jika ingin tetap mengemudi. Sertifikat ini wajib diserahkan dalam kurun waktu dua tahun sekali untuk memastikan penglihatan dan kesehatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda