Scroll to Top

Piala Eropa U-21: Inggris Tertatih Tanpa 17 Pemain Utama?

By Wan Faizal / Published on Friday, 07 Jun 2013

Inggris 0-1 Italia

Pertandingan perdana Piala Eropa U-21 di Israel harus dilalui Inggris dengan kekalahan atas Italia. Diharapkan bisa memberi perlawanan sengit, permainan Inggris justru sama sekali tak berkembang di laga tersebut dan harus tumbang lewat gol Lorenzo Insigne. Terkait hal itu, manajer Stuart Pearce menyesalkan tidak adanya 17 pemain utama yang seharusnya bisa bermain di laga tersebut.

Inggris tercatat hanya bisa melakukan dua atau tiga tembakan di babak pertama dan itu pun sama sekali tak membahayakan gawang Francesco Bardi, kiper Italia U-21. Di babak kedua, Inggris sempat mencetak gol lewat Craig Dawson, namun harus dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran. Setelahnya, Italia kembali dominan dan membuat anak asuh Pearce harus bertahan.

Performa buruk tersebut mendapat kritik keras dari Pearce. Terlebih ada 17 pemain yang tidak bisa ia mainkan di pertandingan penting itu karena beberapa sebab yang bisa digolongkan menjadi lima kategori.

Kategori pertama adalah pemain utama di dalam tim yang mengalami cedera. Hal ini menimpa Wilfried Zaha dan Henri Lansbury. Sebelumnya Pearce berharap banyak pada Zaha yang merupakan pemain baru Manchester United untuk bisa “membimbing” rekan setimnya dalam menggedor pertahanan Italia.

England U-21

Kategori kedua adalah pemain utama dalam tim yang terkena skorsing dan tak bisa dimainkan dalam laga tersebut. Ada dua pemain dalam kategori ini, yakni Tom Ince dan Danny Rose.

Ketiga adalah para pemain yang gagal masuk dalam tim karena mengalami cedera sebelum turnamen dimulai. Mereka adalah Luke Shaw, Raheem Sterling, Callum McManaman, Martin Kelly, Gary Gardner, dan Will Hughes. Sangat disayangkan bukan karena Inggris harus kehilangan talenta seperti empat nama pertama?

Kemudian ada para pemain yang tidak cedera dan seharusnya bisa ikut ke dalam skuad, namun digagalkan oleh FA karena mereka lebih di prioritaskan untuk berada di skuad senior. Mereka adalah Phil Jones, Alex Oxlade-Chamberlain, Jack Wilshere, Jack Rodwell, dan Danny Welbeck.

Terakhir ada kategori pemain yang memang sedang mendapat hukuman dari FA. Pemain tersebut adalah Andros Townsend yang dihukum empat bulan oleh FA.

“Saya akan mengatakan padamu bagaimana cara untuk bisa memenangi turnamen. Ini sama seperti yang dilakukan oleh Prancis, Spanyol, dan Jerman sebelumnya. Yakni, kamu harus bermain dengan skuad terbaikmu!” geram Pearce.

“Lalu kamu menyusun tim terbaikmu untuk menuju ke turnamen. Itu lah cara agar kamu bisa sukses.”

Well, bisa dibayangkan tentunya bagaimana kekuatan The Young Lions di Israel sekarang andai mereka diperkuat para pemain seperti Oxlade-Chamberlain, Wilshere, Jones, Welbeck, Sterling, McManaman, dan Kelly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda