Scroll to Top

Hidupkan Ponsel di Pesawat Bisa Dibui Hingga 15 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 07 Jun 2013

Nelpon Pesawat

Aturan dengan jelas dan tegas melarang penggunaan ponsel di pesawat. Hukum tak main-main dengan kelalaian ini. Bahkan, punishment-nya juga sangat berat. Bila akibatkan kematian, pelaku bisa dibui hingga 15 tahun penjara.

Dikutip dari Detik, Undang-undang Telekomunikasi sendiri melarang penggunaan ponsel di pesawat sebab bisa ganggu navigasi. Ancaman bui karena ‘kejahatan’ ini bisa empat tahun hingga 15 tahun penjara.

Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo mengatakan jika menurut UU No. 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi jelas menyebut sebagai pelarangan gangguan (interferensi) frekuensi radio.

Di pasal 33 ayat (2), kata dia, larangan itu tertuang. Sedangkan pada pasal 38 menyebut penggunaan spektrum frekuensi radio dan orbit satelit harus sesuai dengan peruntukannya dan tidak saling mengganggu.

Pasal 38 tertulis jika setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan fisik dan elektromagnetik terhadap penyelenggaraan telekomunikasi. Ini berarti jika ada spektrum frekuensi tak berizin atau meski miliki izin namun digunakan tidak sesuai semestinya bisa dikenakan pidana.

Pada pasal 53 ayat (1), jelasnya, bagi siapa yang melanggar ketentuan bisa didenda Rp 400 juta atau pidana paling lama empat tahun penjara. Sedangkan jika tindakannya mengakibatkan kematian, maka terancam kurungan hingga 15 tahun.

Wacana penggunaan ponsel di atas pesawat mencuat ke publik pasca terjadinya kasus ‘pemukulan’ terhadap pramugari Sriwijaya Air oleh seorang pejabat Riau beberapa hari yang lalu. Kala itu si pejabat diingatkan agar mematikan ponselnya tatkala pesawat akan sedang lepas landas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda