Scroll to Top

Jose Mourinho Tak Akan Sungkan Cadangkan John Terry

By Wan Faizal / Published on Friday, 07 Jun 2013

JT26

Manajer anyar Chelsea, Jose Mourinho, memberi peringatan dini pada John Terry bahwa ia mungkin saja mencadangkan kapten Chelsea itu andai tak bisa menunjukkan bahwa dirinya memang pantas untuk diberi kesempatan bermain. Itu artinya, Terry bisa saja bernasib seperti Iker Casillas yang harus menjadi pilihan kedua setelah Diego Lopez.

Casillas yang merupakan icon Real Madrid harus mendapati dirinya hanya berada di bangku cadangan dalam beberapa bulan terakhir sebelum kompetisi musim kemarin selesai. Menurut anggapan Mou, saat itu Diego Lopez memang lebih pantas untuk dimainkan ketimbang Casillas, terlepas dari fakta bahwa ia adalah kapten Madrid.

Mou menjelaskan bahwa ia hanya akan memilih para pemain berdasarkan kepantasan yang tergantung pada performa mereka di pertandingan dan sikap mereka saat menjalani latihan.

“Saya adalah pelatih yang menganut sistem meritokrasi (memberikan penghargaan pada mereka yang punya kemampuan atau prestasi lebih bagus dari yang lain). Siapa pun yang menurut saya pantas untuk bermain, tanpa melihat status atau masa lalunya, ia akan bermain,” ucap Mou saat dimintai keterangan soal alasannya mencadangkan Casillas.

Tak salah memang dengan apa yang dikatakan Mou. Apalagi pada sejarahnya, Mou juga pernah melakukan hal yang serupa kala masih menjadi pelatih Inter Milan.

Kala itu Mou tak sungkan untuk menempatkan Marco Materazzi sebagai pemain cadangan. Padahal saat itu nama Materazzi sedang dielu-elukan karena ia adalah pemain penting Inter dan menjadi bagian dari Timnas Italia.

Jika Terry tak bisa memberikan yang terbaik saat latihan maupun pertandingan, bukan tidak mungkin hangatnya bangku cadangan yang ia rasakan saat masa kepelatihan Rafa akan ia rasakan lagi musim depan. Branislav Ivanovic, David Luiz, dan Gary Cahill tentu bukanlah pesaing yang mudah bagi Terry.

Namun Terry masih boleh berharap banyak karena Mou juga mengaku akan memberi penilaian lebih pada pemain yang punya jiwa kepemimpinan dan bisa menyuntikkan semangat juang pada rekan setim di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda