Scroll to Top

Kualifikasi Piala Dunia 2014: Posisi Inggris Terancam Oleh Ukraina!

By Wan Faizal / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Montenegro 0-4 Ukraina

Persaingan sengit terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup H Zona Eropa. Kemenangan telak 0-4 yang dipetik Ukraina atas Montenegro, Sabtu (8/6/2013) dini hari WIB, membuat pasukan Mykhaylo Fomenko kini mengoleksi 11 poin di urutan ketiga. Mereka sukses memberi tekanan pada Inggris yang berada diatasnya dengan selisih satu angka saja.

Ukraina memang tampil menawan di Podgorica. Empat gol berhasil mereka sarangkan ke gawang Montenegro yang notabene saat ini masih berstatus pemuncak klasemen sementara Grup H dengan 14 poin.

Denys Garmash, Yevhen Konoplyanka, Artem Federskiy, dan Roman Bezus menjadi empat pencetak gol Ukraina di pertandingan tadi. Sementara duo Montenegro, Vladimir Volkov dan Savo Pavicevic, serta satu pemain Ukraina yakni Roman Zozulia harus menerima kartu merah di pertandingan yang sengit ini.

Kemenangan Ukraina tersebut jelas menjadi ancaman tersendiri bagi anak asuh Roy Hodgson. Selisih satu angka dari Ukraina tentu adalah hal yang riskan jika tidak diimbangi dengan respon positif saat melakoni pertandingan berikutnya.

Inggris sendiri tidak memainkan laga kualifikasi kali ini. Jadwal terdekat mereka adalah pada 6 September nanti saat menjamu Moldova di Wembley.

Kemudian, Inggris masih akan melakoni tiga pertandingan lagi yakni lawan Ukraina pada 10 September, lawan Montenegro pada 11 Oktober, dan ditutup dengan pertandingan versus Polandia pada 15 Oktober.

Kunci bagi Inggris adalah pada saat harus bertandang ke Ukraina. Andai bisa menaklukkan tuan rumah pada laga itu, besar kemungkinan nasib Inggris akan mendekati kata aman.

Sedang tiga pertandingan lain akan dilakukan di kandang sendiri yang membuat kans untuk menang lebih terbuka meski masih harus menghadapi Montenegro.

Kabar bagusnya, jumlah pertandingan yang telah dimainkan Ashley Cole dkk saat ini berjumlah enam, sama dengan Ukraina, atau satu lebih sedikit dibanding Montenegro. Artinya, jika Inggris menang dan Montenegro kalah atau seri di pertandingan berikut, maka Inggris akan memuncaki klasemen sementara dan tinggal berusaha mempertahankan posisi tersebut untuk mendapatkan tiket langsung ke Brazil 2014.

Berikut adalah klasemen sementara Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa:

No.
Teams Pld W D L GD Pts
1 Montenegro 7 4 2 1 14 – 7 14
2 England 6 3 3 0 21 – 3 12
3 Ukraine 6 3 2 1 10 – 4 11
4 Poland 6 2 3 1 12 – 7 9
5 Moldova 7 1 2 4 4 – 11 5
6 San Marino 6 0 0 6 0 – 29 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda