Scroll to Top

Pisang Epe, Hidangan Khas Pantai Losari, Makassar

By C Novita / Published on Saturday, 08 Jun 2013

pisang epe losari

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan yang khas. Begitu pula bila Anda berkunjung ke Makassar, tepatnya di sepanjang pinggir pantai Losari. Di sana berjajar berpuluh pedagang pisang epe, penganan ringan yang bahan utamanya adalah pisang kepok.

Para pedagang pisang epe tersebut biasanya akan meracik hidangan bercita rasa manis itu di tempat, bila ada pembeli yang memesan. Cara membuatnya, pisang kepok yang setengah matang di bakar di atas bara api. Lalu dikupas dari kulitnya, kemudian dipenyet dengan penyetan yang terbuat dari kayu.

Setelah penyet, maka pisang kepok yang setengah matang itu akan dibakar kembali di atas bara sampai matang. Mirip seperti membakar sate.

Pisang lalu akan diberi perasa sesuai keinginan pembeli. Pilihan rasa yang ditawarkan untuk pisang epe beragam. Ada pisang epe rasa durian, yaitu pisang yang disiram dengan fla durian. Kemudian pisang epe rasa keju, diberi taburan parutan keju.

Ada pula rasa original, yaitu pisang disiram cairan gula aren kental, dan juga rasa coklat, yaitu pisang yang diberi taburan coklat. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 6 ribu sampai Rp. 8 ribu satu porsinya.

Biasanya, para pedagang baru akan ramai menggelar dagangan pada pukul 4 sore hingga tengah malam tiba. Jadi bila Anda berkunjung ke Makassar, tak akan lengkap jika belum mencicipi lezatnya pisang epe pantai Losari.

 

Foto: Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda