Scroll to Top

Internet Explorer 10, Diklaim Sebagai Browser Paling Hemat Energi

By Ditya / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Internet Explorer

Browser Internet Explorer 10 atau yang akrab disebut dengan IE 10 besutan Microsoft ini diklaim sebagai browser yang paling efisien dalam hal konsumsi daya atau paling hemat dalam hal konsumsi daya. Klaim ini berasal dari Center for Sustainable Energy Systems yang berbasis di Fraunhofer, Amerika Serikat.

Microsoft mengatakan bahwa Internet Explorer 10 ini mengonsumsi daya 18% lebih rendah dibandingkan dengan browser pesaingnya, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Oleh sebab itu, Microsoft menganjurkan pengguna Chrome dan Firefox di AS untuk beralih menggunakan Internet Explorer 10 sehingga energi yang dihemat setara 10.000 konsumsi daya rumah tangga.

Pengujian konsumsi daya ini dilakukan dengan cara menggunakan browser tersebut untuk membuka pelbagai konten website seperti menampilkan video berbasis flash dan halaman berbasis HTML5. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, browser Internet Explorer 10 ini terlihat mengonsumsi daya yang lebih kecil ketimbang Chrome dan Firefox yang merupakan dua pesaing terdekatnya.

energi

Saat membuka konten video berbasis flash, terjadi perbedaan atau gap konsumsi daya antara Internet Explorer 10 dengan Chrome hingga 6 watt dan setiap pengujian, Internet Explorer 10 terlihat mengonsumsi daya paling rendah dibanding Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Konsumsi daya yang rendah dan penggunaan resource yang lebih rendah oleh Internet Explorer 10 ini cukup masuk akal, mengingat browser tersebut adalah browser native atau “alami” dari Windows 8 sehingga sudah seharusnya dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Berbeda dengan Chrome dan Firefox yang merupakan browser buatan pihak ketiga.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (07/06/2013), meski browser Internet Explorer 10 lebih hemat energi, tetapi banyak pengguna yang Chrome dan Firefox yang enggan beralih menggunakan browser buatan Microsoft, mengapa? Banyak yang menilai bahwa Chrome dan Firefox memiliki kompatibilitas dan kinerja yang lebih tinggi ketimbang Internet Explorer 10.

Bagaimana menurut pembaca? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda