Scroll to Top

Tertawa Bikin Tubuh Makin Sehat

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 08 Jun 2013

tertawa

Tertawa itu menyehatkan. Aktivitas sederhana ini membuat orang mampu melupakan keluh kesahnya sekali pun untuk sementara. Tertawa juga menciptakan semangat baru untuk menghadapi hidup yang lebih baik. Bahkan, kehebatan tawa menjadi sebagian orang membuat gerakan terapi tertawa untuk memberikan dampak positif bagi fisik dan mental.

Gerakan menarik otot-otot di sekitar bibir ini memang tidak bisa disepelekan. Manfaatnya cukup baik bagi orang yang bisa melakukannya dengan rutin. Ada tiga keuntungan yang bisa dialami oleh orang yang terbiasa tertawa, atau minimal tersenyum lepas:

  1. Tertawa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini erat kaitannya dengan masalah stres. Stres yang tidak segera diatasi akan mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, orang stres lebih mudah terserang sakit seperti flu, pusing, dan sebagainya. Saat orang tersebut tertawa,  terjadi penurunan kadar stres dan mengaktifkan sel pembunuh dalam sistem kekebalan tubuh, yang berkontribusi melawan virus dan melindungi dari kanker tertentu. Di lain sisi, pembuluh darah melebar sehingga aliran darah semakin lancar.
  2. Tertawa dapat menormalkan tekanan darah. Aktivitas ini dapat melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit atau terjadi penimbunan plak, akan membuat pemiliknya mengalami tekanan darah tinggi. Sehingga, terapi tertawa membantu aliran darah lebih lancar. Hal ini dapat mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  3. Tertawa sebanding dengan aktivitas olahraga. Tawa yang lepas membantu bagian diafragma  dan bagian abdomen lainnya lebih terlatih. Dan, tertawa lepas selama 100 kali setara dengan mendayung selama 10 menit atau bersepeda sepanjang 15 menit.

Fakta lain, tertawa ibarat penyakit yang menular. Saat Anda tertawa dalam kelompok, biasanya akan ada orang lain di situ yang ikut tertawa. Penyebabnya yaitu otak merespons untuk bergabung dengan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Tertawa juga bisa meningkatkan konsentrasi, kreativitas, kemampuan mengingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda