PRJ 2013: Pekan Raya Jakarta Berlangsung 6 Juni Sampai 7 Juli

PRJ atau Pekan Raya Jakarta 2013 akan berlangsung selama 32 hari sejak 6 Juni hingga 7 Juli mendatang. Pembukaan resmi ajang diskon, pameran, dan hiburan ini akan diselenggarakan pada Senin, 10 Juni langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nissan, Ducati, dan Yamaha adalah beberapa dari sekian yang meramaikan PRJ tahun ini.

Dengan tema “Terus Maju Jakartaku, Sebagai Ajang Promosi Produk Berkualitas Jakarta Fair Terus Mendorong Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Nasional“, PRJ 2013 ditargetkan dapat meraup 4,8 juta pengunjung dalam periode lebih dari sebulan tersebut. Diungkapkan oleh Prajna Murdaya, Ketua Umum Panitia Penyelenggara Pekan Raya Jakarta, nilai transaksi yang diprediksikan, mencapai angka 4,5 triliun.

Target ini lebih tinggi daripada penghasilan yang didapatkan pada PRJ 2012 lalu. Ketika itu, Pekan Raya Jakarta dikunjungi 4,5 juta orang dan nilai transaksinya mencapai 4 triliun.

Tahun ini, ada 2.650 peserta yang meramaikan PRJ. Mereka tergabung 1280 stand. Para peserta ini bercampir, mulai dari yang koperasi dan usaha kecil mikro, hingga industri besar.

Sejak dimulai pada Kamis, 6 Juni 2013 lalu, masyarakat sudah tersedot perhatiannya untuk berkunjung ke gelaran ini. Tiket masuknya dijual dengan harga Rp 25 ribu. Biaya parkir untuk sepeda motor mencapai 10 ribu rupiah, sedangkan mobil dua kali lipatnya. Khusus untuk akhir pekan, tiket masuk dibuat lebih tinggi, mencapai 30 ribu rupiah.

Berbagai rupa cara dilakukan oleh para peserta PRJ tahun ini. Semisal Nissan yang mengiming-imingi pembeli produk mereka dengan voucher bahan bakar sebesar Rp 1 juta dan undian untuk memenangi kupon belanja. Ada pula, Yamaha yang menerapkan sistem hadiah harian dan mingguan. Sementara, hadiah utamanya berupa satu unit New V-Ixion.