Scroll to Top

Tips Berpergian Jauh Bagi Penderita Alergi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 08 Jun 2013

vacation

Bagi orang yang mempunyai alergi, berpergian jauh mungkin menjadi salah satu tantangan. Sebab, penyebab alergi tidak bisa ditebak di daerah tujuan atau selama dalam perjalanan. Sehingga, penderita alergi memerlukan perlakuan khusus agar alerginya tidak kambuh. Alergi tahap ringan mungkin bisa segera teratasi. Tetapi, alergi yang berat dapat mengakibatkan kematian saat tidak segera diatasi.

Dikutip dari She Knows, ada beberapa tips yang perlu dipahami bagi penderita alergi saat berpergian jauh:

  1. Jika perjalanan Anda tidak lama, bawalah makanan sendiri yang sesuai dengan kondisi alergi yang dialami. Dengan begitu, Anda terhindar dari makanan lain yang belum diketahui kandungannya. Namun, mungkin hal ini tidak bisa menjadi solusi praktis. Pasalnya kebutuhan makan tidak bisa ditebak datangnya dan stok makanan tidak cukup banyak. Solusinya, Anda mesti aktif untuk memilah dan memilih makanan yang diperkirakan tidak memicu alergi. Kalau perlu, catat jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebagai alat pengingat di perjalanan.
  2.  Saat perjalanan memakai jasa penerbangan, kenali kemungkinan faktor-faktor pemicu alergi selama di dalam pesawat, termasuk makanannya. Tidak semua maskapai menyediakan makanan bebas alergi. Tapi, jika pihak maskapai menyediakannya, katakan bahwa Anda lebih memilih makanan bebas alergi tersebut. Untuk menjaga kemungkinan alergi kambuh di pesawat, bawalah obat-obatan yang diperlukan dan sampaikan masalah alergi Anda kepada petugas  agar Anda dijauhkan dari penyebab alergi.
  3. Kenali budaya di tempat yang Anda tuju. Termasuk, pahami jenis makanan yang rata-rata disediakan oleh masyarakat setempat. Dengan begitu Anda dapat mengetahui lebih awal makanan yang harus dihindari. Misalnya, jika Anda alergi susu, maka harus lebih berhati-hati saat mengunjungi negara India. Di sana susu dan mentega (ghee) menjadi salah satu bahan pokok untuk komposisi makanan.
  4. Anda harus menguasai berbagai hal tentang alergi yang Anda alami. Penguasaan informasi ini membuat Anda lebih waspada untuk menghadapi berbagai keadaan yang dialami. Anda jadi memahami mana yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Misalnya jika Anda mengalami alergi serbuk bunga, maka Anda bisa memutuskan untuk tidak pergi di musim semi ke lokasi yang kaya dengan hasil bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda