Scroll to Top

Jane Austen Academy, Sekolah Unik Ini Larang Guru Beri PR ke Siswa

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Jane Austen Academy

Pekerjaan Rumah (PR) adalah salah satu aktivitas wajib bagi para murid pada umumnya di sekolah. Namun, Jane Austen Academy, sekolah unik ini larang guru berikan PR ke siswa. Apa dan bagaimana sekolah tersebut?

Sekolah yang berlokasi di Norwich, Norfolk, Inggris ini tak ingin siswanya habiskan waktu di luar sekolah untuk belajar dan belajar. Namun, meski tanpa PR mereka harus belajar di sekolah secara marathon.

Ya, sekolah ini memang bukan sekolah biasa. Jane Austen Academy memerpanjang jam sekolah hingga pukul lima sore. Kebijakan tanpa PR dilakukan agar siswa miliki waktu lebih banyak dengan keluarga. Namun, bagaimana dengan jam belajar yang terkesan sangat lama itu?

Claire Heald
Claire Heald, Kepala Sekolah Jane Austen Academy

Sang kepala sekolah menjelaskan jika siswa ketika pulang sekolah akan miliki keterbatasan. Mereka, kata Claire Heald, lebih baik mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah. Terkesan jika sekolah ini tak izinkan murid belajar di rumah. Mereka hanya wajib memikirkan pelajaran di sekolah saja. Bagaimana tatkala ujian tiba?

Masih menurut Claire Heald, waktu untuk keluarga di rumah adalah nomor satu. Tak ada PR, tak ada tugas, dan kebijakan ini telah diterima oleh para orangtua dan wali murid. Ketika ujian tiba, jelas Claire Heald, siswa harus tetap belajar di rumah meski mereka tak pernah diberi PR.

Sekolah yang dikhususkan bagi anak usia 11-18 tahun ini akan dibuka mulai bulan September 2014. Jane Austen Academy menargetkan 1.100 siswanya miliki waktu lebih banyak dengan keluarga tatkala jam sekolah berakhir. Demikian tulis Daily Mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda