Scroll to Top

Sikat Gigi Lebih Berkuman dari Toilet?

By C Novita / Published on Saturday, 08 Jun 2013

sikat gigi kotor

Kebanyakan orang beranggapan bahwa benda paling berkuman di kamar mandi adalah toilet. Namun seorang ahli mikrobiologi bernama Charles Gerba PhD mengatakan, jika ada sesuatu yang paling banyak kumannya di kamar mandi maka itu adalah sikat gigi!

Bahkan dikutip oleh Merdeka dari Web MD, ahli mikrobiologi itu berujar bahwa:

“Apabila sikat gigi Anda diletakkan dekat dengan toilet, itu sama halnya Anda menggosok gigi dengan isi toilet tersebut.”

Mengerikan sekali mendengar pendapat tersebut. Penjelasannya adalah, kuman yang ada di kamar mandi dan toilet biasanya menyebar dengan cara mengikuti percikkan air serta aliran udara yang ada di dalam kamar mandi.

Apabila sikat gigi Anda diletakkan dekat dengan toilet, secara terbuka pula, maka kemungkinan besar kuman-kuman yang ada di sekitarnya menempel ke sikat gigi.

Jika sebelum menyikat gigi Anda tak lebih dahulu membersihkan bulu sikatnya dengan aliran air, maka dikhawatirkan kuman-kuman yang menempel akan turut masuk ke dalam tubuh Anda.

Dikatakan bahwa sebuah sikat gigi yang sudah cukup lama digunakan biasanya terdapat sekitar 10 juta mikroba di dalamnya. Mikroba itu termasuk golongan virus, bakteri, dan berbagai jenis kuman lainnya. Bahkan lebih komplit dibanding dengan jenis kuman yang terdapat di dudukan toilet.

Ini karena pada sikat gigi berbagai jenis kuman itu mendapat fasilitas lengkap untuk hidup dan berkembang biak, termasuk makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda