Scroll to Top

Inggris Tak Akan Bisa Juarai Piala Dunia! Ucap Stuart Pearce

By Wan Faizal / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Stuart Pearce

Sebuah kritikan keras dilancarkan manajer Inggris U-21, Stuart Pearce. Eks manajer Manchester City yang saat ini sedang berjuang bersama anak asuhnya di Piala Eropa U-21 di Israel itu mengecam kebijakan yang dianut FA dalam “memperlakukan” pemain muda yang tidak bisa ia gunakan tenaganya di turnamen dua tahunan ini. Menurut Pearce, andai tetap bertahan dengan cara ini, Inggris diyakini tetap akan gagal menjadi juara dunia!

Seperti diketahui, Pearce gagal memainkan 17 pemain utamanya di laga pertama kontra Italia beberapa hari lalu. Ada yang mengalami cedera, skorsing, namun yang menjadi perhatian Pearce adalah mereka para pemain yang sengaja tidak diikutkan di Israel tahun ini.

Alex Oxlade-Chamberlain, Phil Jones, Danny Welbeck, Jack Wilshere, dan Jack Rodwell sebenarnya masih bisa membela skuad U-21 dan tidak mengalami masalah dengan cedera, kecuali Wilshere yang masih belum fit benar.

Namun alih-alih bisa menggunakan tenaga mereka setelah kompetisi Liga Inggris selesai, Pearce tetap saja harus gigit jari karena mereka semua lebih diprioritaskan di tim senior bersama Roy Hodgson. Cara yang lantas dikecam oleh Pearce. Bagi Pearce, mereka harusnya mendapatkan pengalaman di level junior dulu sebelum benar-benar diandalkan di level senior.

Alex Oxlade-Chamberlain
Alex Oxlade-Chamberlain

“Saya punya 20 caps sebelum Piala Dunia 1990 di Italia tapi saya tidak dipersiapkan untuk menghadapi tekanan layaknya bermain di Piala Dunia. Itu tidak bisa dibenarkan. Ini adalah jalur yang seharusnya tidak boleh dilalui oleh para pemain muda. Mereka harusnya mendapatkan banyak kesempatan di turnamen dulu di level junior,” ucap Pearce.

“Lihat perkembangan Theo Walcott. Ia memang bermain di Piala Dunia 2006, tapi setelahnya ia kehilangan tiga turnamen Euro U-21, dua Piala Dunia U-20, Olimpiade, tidak ikut di Piala Dunia 2010, serta bermain buruk di Euro 2012.”

“Kita harus bisa mengatasi masalah seperti itu sehingga para pemain harapan kami seperti Oxlade-Chamberlain punya pengalaman yang cukup di turnamen. Anda harus menang di tingkat junior sebelum menang di level senior!”

Pearce juga meminta FA melihat Italia U-21. Disana ada nama sekelas Marco Verratti yang sudah sangat layak bermain di tim senior Italia. Namun pelatih Cesare Prandelli justru menugaskan Verratti berjuang bersama tim U-21 dan memilih untuk tidak membawanya ke Piala Konfederasi 2013 pekan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda