Scroll to Top

Iwan Fals Sebarkan Aksi Menanam Pohon

By Aditya / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Iwan Fals

Bukan rahasia lagi apabila selain dikenal sebagai musisi legendaris yang tak jarang menyerukan kritik sosial, Iwan Fals juga lekat sebagai sosok yang teramat cinta terhadap lingkungan hidup. Bahkan, Iwan Fals kerap mempelopori aksi menanam pohon demi menjaga keseimbangan alam semesta.

Bagi Iwan Fals, pohon mengemban peran yang sangat penting dalam kehidupan sehingga setiap manusia seharusnya menjaga kelestarian pohon, bukan malah menebang atau merusaknya.

Bahkan, lanjut personil Kantata Barock ini, banyak bangsa asing yang datang ke Nusantara untuk memperebutkan hasil bumi yang melimpah-ruah di sini, termasuk di dalamnya adalah sumber daya hutan seperti pohon.

“Kedudukan pohon dalam keyakinan saya itu penting. Dalam perang pun harus dilindungi. Ratusan tahun lalu datang banyak negara memperebutkan pohon-pohon kita,” tandas Iwan Fals.

“Kami kemarin ke Mentawai ada kepercayaan Tuhan tinggal di daun-daun, bayangkan kalau ditebang? Betapa berharganya itu,” lanjutnya.

Iwan Fals pun mengaku membiasakan untuk menanam pohon sebelum naik ke panggung. Ini pula yang dilakukan Iwan Fals sebelum tampil di acara bertajuk “Plant More Tree with Iwan Fals” yang digelar Jumat (7/6/2013) halaman belakang Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang.

“Saya biasakan ritus menanam pohon sebelum pertunjukan,” kata musisi bernama asli Virgiawan Listianto ini.

“Tujuan untuk memberi penghijauan. Setiap konser Bang Iwan meminta ada penanaman pohon,” timpal Havid Sungkar selaku wakil panitia acara.

Iwan Fals sendiri beberapa kali membuat lagu yang mengangkat tema tentang lingkungan hidup, termasuk melestarikan pohon, seperti Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi, Cikal, Tak Biru Lagi Lautku, Mencetak Sawah, Hijau, Kupu-kupu Hitam Putih, Hutanku, Pohon untuk Kehidupan, Tanam Siram Tanam, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda