Scroll to Top

Real Madrid Era Jose Mourinho Tidak Layak Disebut Tim Besar

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 09 Jun 2013

Real Madrid Era Jose Mourinho Tidak Layak Disebut Tim Besar

Gaya bermain Real Madrid era Jose Mourinho mencoreng citra klub terbaik dunia tersebut, demikian yang tersirat dari ucapan Xavi Hernandez. Gelandang Barcelona menyebutkan, Real Madrid di era sebelumnya memiliki ide dan konsep ketika bermain di lapangan. Namun, ketika Madrid ditangani The Special One segalanya berubah.

“Saya tidak ingin dunia menganggap saya senantiasa menyerang Jose Mourinho. Jelas itu bukan maksud saya. Senyatanya, saya tidak suka cara tim asuhannya bermain di lapangan,” cetus Xavi dalam wawancara dengan SPORT.

Xavi Hernandez membandingkan Real Madrid era Jose Mourinho dengan Los Blancos beberapa era sebelumnya, yang baginya demikian kontras.

“Mengesalkan melihat cara bermain mereka. Sebelumnya, Madrid memiliki ide dan konsep. Zidane, Roberto Carlos … mereka sangat luar biasa. Mereka mendominasi setiap area di lapangan. Anda harus melihat fakta dan meyakini memang mereka lebih baik (daripada Real Madrid era Jose Mourinho). Sama halnya dengan Madrid era ‘Quinta del Buitre’ –yang meroket karena para pemain akademi yang luar biasa pula— tim hebat yang memiliki filosofi jelas dan bergaung,” cetus Xavi.

Bagi Xavi, yang terjadi pada Real Madrid era Mou adalah perubahan total yang tidak akan memberikan ‘jejak’ apa pun di masa depan. Lain halnya dengan Barcelona yang terus mempertahankan gaya main mereka selama 20 tahun.

“Kami tidak membiarkan lapangan demikian kering sehingga berubah bagaikan ladang kentang.  Kami juga tidak menendang tim lawan 30.000 kali atau berusaha mengompori keadaan di lapangan. Kami bahkan tidak pernah melakukan hal tersebut ketika Real Madrid berada di atas. Kami menang, seri, dan kalah berdasarkan filosofi sepakbola (tidak seperti Real Madrid era Jose Mourinho),” jelas Xavi.

Entah pendapat Xavi Hernandez benar atau salah, yang jelas kita layak salut kepadanya yang berhasil menghitung jumlah pelanggaran Real Madrid era Jose Mourinho yang menurutnya mencapai angka puluhan ribu kali tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda