Scroll to Top

Tips Seputar Pemakaian Deodorant

By C Novita / Published on Sunday, 09 Jun 2013

deodorant

Deodorant adalah produk yang digunakan untuk membantu wanita dan pria mengurangi bau badan mereka yang berlebih. Namun kandungan senyawa aluminium klorida serta aluminium pada deodorant jenis tertentu disebutkan dapat berbahaya bagi payudara wanita.

Aluminium yang digunakan dalam deodorant berfungsi untuk mempengaruhi kerja kelenjar penghasil keringat agar tidak terlalu aktif. Hasilnya, produksi keringat yang berkurang akan meminimalkan bau badan.

Sayangnya, aluminum juga mempengaruhi hormon esterogen dan kelenjar payudara. Dalam pemakaian berlebihan, deodorant berbahaya dan dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker payudara.

Karenanya wanita yang mengidap kanker payudara biasanya dilarang untuk menggunakan deodorant.

Demikian pula pengaruhnya bila seseorang menggunakan deodorant yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Kulit pemakai dapat langsung mengalami iritasi, gatal-gatal dan memerah.

Untuk menghindarinya maka pilihlah jenis deodorant stick atau tongkat, dibanding deodorant roll. Deodorant jenis stick tidak banyak mengandung alkohol jadi relatif aman untuk kulit.

Pilih juga deodorant yang aromanya tak terlalu wangi, sebab biasanya deodorant yang terlalu wangi kandungan alkoholnya tinggi. Jangan terlalu sering menggunakan deodorant, sebab produksi keringat juga baik bagi sistem metabolisme tubuh.

Perhatikan pula bahan yang digunakan untuk membuat deodorant itu, apakah ada kandungan aluminium kloridanya. Ini adalah bahan yang dapat memicu iritasi dan menimbulkan rasa panas.

Hindari juga deodorant yang mengandung paraben semisal Methylparaben, Propylparaben, Ethylparaben atau Butylparaben. Semua ini adalah agen pemicu timbulnya kanker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda