Scroll to Top

Liga Inggris: Papiss Cisse Akan Dijual Newcastle Karena Kepercayaannya?

By Wan Faizal / Published on Sunday, 09 Jun 2013

Papiss Cisse

Newcastle United diberitakan sudah gerah dengan tingkah strikernya, Papiss Cisse, dan kabarnya ingin segera menjualnya ke klub lain. Namun kali ini Cisse tidak berbuat tindakan nakal yang merugikan klub. Ia hanya bersikukuh tidak mau mengenakan seragam Newcastle musim depan dengan tulisan Wonga, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kredit uang, karena Cisse adalah seorang Muslim.

Beberapa pekan lalu, Cisse sudah mengirimkan sinyal tentang keinginannya itu pada klub. Managing Director Newcastle, Derek Llambias, kabarnya masih akan menunggu kedatangan Papiss Cisse ke klub dimana ia masih membela Timnas Senegal di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Menurut hukum syariah, memang diharamkan mengambil keuntungan dari meminjamkan uang pada orang lain. Namun justru itu lah sistem main yang dianut oleh Wonga untuk mendapatkan keuntungan. Persentase tahunan keuntungan Wonga sendiri mencapai angka 4,214 persen.

Frederic Kanoute
Frederic Kanoute

Cisse memang merupakan seorang Muslim yang dikenal taat beribadah di kalangan klub. Saat mencetak gol, tak jarang ia melakukan selebrasi dengan bersujud. Bahkan kabarnya dulu Newcastle sempat membuatkan Musholla di markas untuk memfasilitasi Cisse. Akan Tetapi, kisah manis itu terancam akan segera berakhir.

Ada wacana bahwa Cisse bisa meniru Frederic Kanoute saat masih membela Sevilla. Saat itu Sevilla juga mengalami masalah pelik karena Kanoute yang juga seorang Muslim menolak mengenakan jersey Sevilla dengan sponsor 888.com yang merupakan perusahaan judi. Kanoute sendiri akhirnya sempat diizinkan mengenakan kostum tanpa sponsor 888.com saat bertanding.

Namun agaknya opsi itu ditolak mentah-mentah oleh pemilik Newcastle, Mike Ashley, yang tidak ingin mengacaukan kesepakatan empat musim ke depan dengan Wonga yang bernilai 24 juta pounds atau delapan juta pounds per musimnya. Kesepakatan itu sendiri sebenarnya telah tercapai pada Oktober tahun lalu.

Untuk masalah ini, kubu Newcastle agaknya akan meminta Cisse melihat Hatem Ben Arfa dan Cheick Tiote, dua rekan setimnya yang juga seorang Muslim, yang tidak mempermasalahkan Wonga dan lebih melihat kesepakatan itu dari sisi yang objektif.

Andai Cisse masih ngotot dengan keputusannya, Newcastle dikabarkan siap langsung menjual pemain berusia 28 tahun itu ke Anzhi Makhachkala.

Ba-Cisse
Demba Ba – Papiss Cisse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda