Scroll to Top

Jepang Ujicoba Kereta Peluru Berkecepatan 311 Mph

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 09 Jun 2013

shinkansen

Jepang adalah salah satu negara yang cukup terkenal dengan kereta pelurunya. Kecepatan kereta ini memang dahsyat karena mampu berjalan dengan kecepatan rata-rata  sampai ratusan mil per jam. Tengok saja kereta peluru yang baru-baru ini diujicobakan. Generasi kereta Jepang terbaru dari seri L0 ini mampu menempuh perjalanan dengan kecepatan mencapai 311 mil per jam.

Dapur pacu kereta ini memang berbeda. Kereta dibuat berjalan secara mengambang dan menggantikan roda-roda besi seperti pada kereta konvensional. Teknologi mengambang tersebut memakai levitasi magnetik dan membuat kereta mampu melaju lebih cepat. Pada ujicoba ini, telah disiapkan lima gerbong kereta dengan jalur percobaan di Yamanashi Prefecture. Percobaan untuk skala lebih luas akan dilakukan September mendatang. Hasil finalnya diharapkan sudah mampu menjadi kereta komersial di tahun 2027.

Dikutip dari Inautonews, kereta mengambang ini dibuat oleh Central Japan Railway. Rencananya kereta akan terhubung ke stasiun utama Tokyo Nagoya. Waktu tempuh bisa dihemat dari awalnya 90 menit menjadi 40 menit. Ke depan akan dibuat hingga memiliki 16 gerbong. Jumlah penumpang yang bisa diangkut mencapai 1.000 orang.

Jepang memiliki kereta peluru sejak 1964. Perkembangan kereta ini makin menunjukkan kemajuan yang berarti. Kecepatan maksimal kereta peluru yang dimiliki Jepang saat ini mencapai 199 mil per jam. Kereta yang juga disebut Shinkansen ini tetap menjadi perhatian pemerintah Jepang dalam hal investasi tekonologi berat. Ini tidak berlebihan lantaran sistem jaringan kereta api tercanggih sekarang ini dimiliki Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda