Scroll to Top

Tas Anda Mungkin Menjadi Sarang Bakteri

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 09 Jun 2013

tas

Tas yang Anda bawa setiap hari bisa menjadi media tempat tinggal bagi bakteri merugikan. Saat kondisi tubuh kurang fit dalam menghalau serangan bakteri, dimungkinkan Anda dapat terserang sakit. Apalagi interaksi yang dilakukan setiap hari dengan tas Anda, menjadi jalan mudah berpindahnya bakteri ke tubuh. Inilah yang kemudian memberikan peluang bagi bakteri untuk menginfeksi tubuh.

Hal tersebut terungkap dalam studi yang dilakukan Initial Washroom Hygiene. Satu dari lima tas yang diamati selama studi bahkan memiliki bakteri yang jumlahnya melebihi bakteri di dalam toilet. Di antara jenis tas yang ada, tas yang terbuat dari kulit memiliki jumlah bakteri yang paling tinggi.

“Tas melakukan kontak teratur dengan tangan kita dan berbagai permukaan, sehingga risiko mentransfer kuman yang berbeda ke mereka (pemakai tas) ¬†sangat tinggi . Terutama, karena tas jarang dibersihkan,” kata Peter Barratt, peneliti dalam studi ini, seperti dikutip She Knows.

Bagian tas yang sering menjadi tempat berkembangbiak bakteri adalah bagian dalam. Botol krim yang kerap dibawa dalam tas menjadi salah satu barang bawaan yang dinilai paling kotor tercemar bakteri. Oleh karena tu, Barratt menyarankan agar tas sebaiknya dibersihkan secara teratur. Kalau perlu, bawa tisu antibakteri untuk mengelap tas. Dan, sebaiknya segera cuci tangan usai berinteraksi dengan tas.

“Setelah kuman ini menempel pada tas, mereka dapat dengan mudah berpindah melalui tangan ke permukaan lainnya. Membersihkan tangan secara teratur sangat penting untuk mencegah adanya bakteri di tempat pertama, dan pembersihan tas secara menyeluruh dianjurkan untuk mencegah penumpukan kontaminasi (bakteri),”kata Barratt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda