Jerman vs Spanyol

Hasil pertandingan Jerman vs Spanyol dalam lanjutan Euro U-21 berakhir dengan skor 0-1. Adalah Alvaro Morata (’86) yang menjadi penentu skor Spanyol vs Jerman. Tiga poin yang didapatkan dalam Piala Eropa U-21 membuat La Rojita menemani Belanda lolos dari Grup B ke semifinal. Sementara, Jerman harus angkat kopor bersama Rusia.

Jerman yang sebelumnya ditundukkan Belanda 3-2, menggenggam misi harus menang dalam pertandingan ini. Namun, sang lawan adalah juara bertahan Euro U-21 yang datang dengan kekuatan penuh. Anak asuh Julen Lopetegui lebih mendominasi penguasaan bola, namun tak bisa menemukan jalan untuk membobol gawang Bernd Leno di babak pertama.

Jerman yang tertekan di menit awal, sempat mendapatkan peluang dari tendangan bebas Lewis Holtby di menit 10. Sayang, tak cukup untuk menghindari sergapan David De Gea. Selanjutnya, tim panser muda dipaksa untuk menahan gempuran kilat Spanyol dan pergerakan tanpa bola mereka yang merepotkan.

Jerman vs Spanyol 3

Setelah beberapa waktu, kesempatan terbaik La Rojita di babak pertama, adalah ketika Thiago Alcantara merampas bola dari pemain Jerman, Oliver Sorg. Ia melepaskan tembakan melengkung yang sudah membuat Bernd Leno tak berdaya di menit 23. Namun, bola tak mau menghindari tiang gawang.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum, Jerman berada dalam posisi yang tak menguntungkan. Serangan cepat Spanyol, dengan Isco yang demikian lihai mengatur pergerakan, sewaktu-waktu bisa mengantar mereka ‘pulang lebih cepat’.

La Rojita terus mencecar lini belakang Jerman. Peluang kembali hadir di menit 65 ketika Isco melepaskan tembakan dan tercipta keriuhan. Rodrigo maupun Inigo Martinez tak bisa memperdaya Leno yang dengan sigap memburu bola kemana pun pergi.

Deadlock belum mau mencair ketika tembakan Asier Illaramendi meleset di samping gawang Jerman di menit 76. Lalu, dejavu terjadi. Alvaro Morata, pria yang mencetak gol kemenangan Spanyol atas Rusia membobol gawang Bernd Leno kala laga tinggal empat menit lagi.

Spanyol praktis menjadi lebih defensif dan Jerman lebih agresif. Namun, hingga laga berakhir, tidak ada gol penyeimbang yang lahir. Berangkatlah Spanyol ke semifinal bersama Belanda yang sebelumnya menang 5-1 atas Rusia.

Jerman (4-5-1): Leno, Jantschke, Thesker, Ginter, Sorg; Rudy, Rode (Emre Can ’69), Vollan, Holtby, Hermann (Lassoga ’64), Clemens

Spanyol (4-5-1): De Gea, Montoya, Bartra, I.Martínez, A.Moreno, Illarra, Koke, Thiago, Isco (Camacho ’88), Tello (Muniain ’85), Rodrigo (Morata ’72)