Scroll to Top

Hasil F1 GP Kanada 2013: Sebastian Vettel Berhasil Taklukan Gilles Villeneuve

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 10 Jun 2013

Sebastian Vettel Menangi F1 GP Kanada 2013

Sebastian Vettel memperlebar jarak angka di klasemen pembalap sementara melalui kemenangan dominan di sirkuit yang belum pernah ia menangkan dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Sirkuit Gilles Villeneuve Montreal.

Kemenangan perdana Vettel pada F1 GP Kanada juga menjadi yang pertama bagi timnya, Red Bull, sejak keikutsertaan pertama kali tim asal Inggris tersebut pada ajang balap F1 di tahun 2005.

Vettel yang memulai lomba dari posisi pole, tidak tersentuh oleh pembalap lain dibelakangnya sejak start. Memulai lomba dengan jarak pembuka dua detik dari Lewis Hamilton di posisi kedua, Vettel terus menjauh dalam beberapa putaran setelahnya.

Sementara itu dibelakang Vettel, pertarungan perebutkan posisi ketiga terjadi antara Nico Rosberg, Mark Webber, dan Fernando Alonso. Pada putaran ke-31, Webber dan Alonso berhasil menaklukan Rosberg.

Saat pembalap terdepan terlihat aman pada posisinya masing-masing, pertarungan perebutan posisi ketiga berlanjut menyisakan dua pembalap, Webber dan Alonso.

Beberapa putaran setelah itu tepatnya pada putaran ke-42, Alonso sukses mempecundangi Webber yang mengalami kerusakan minor pada sayap depan mobilnya akibat bersenggolan dengan pembalap backmaker Giedo Van der Garde.

Alonso segera menjauh dari Webber untuk kemudian mengubah targetnya dengan mengincar posisi kedua yang masih dikuasai Hamilton.

Tepatnya pada putaran ke-61 Alonso akhirnya berhasil menaklukan Hamilton pada trek lurus garis start/finis sebelum tikungan pertama untuk posisi kedua.

Sementara itu Vettel dengan jarak aman memimpin di barisan terdepan untuk kemudian keluar sebagai juara F1 GP Kanada. Alonso finis di posisi kedua menyusul dibelakangnya Hamilton yang finis di posisi ketiga. Webber dan Rosberg melengkapi posisi lima besar.

Penampilan luar biasa diperlihatkan Jean Eric-Vergne dan Paul di Resta pada lomba kali ini. Vergne yang memulai lomba dari posisi ketujuh  finis di posisi keenam. Hasil tersebut merupakan yang terbaik bagi Vergne dan timnya, Toro Rosso, musim ini.

Cerita berbeda datang dari Paul di Resta. Memulai lomba dari posisi ke-17, di Resta finis di posisi ketujuh berkat kecermatannya dalam menjaga kondisi ban. Di Resta hanya melakukan satu kali pit stop! Dimana mayoritas pembalap melakukan dua pit stop.

Kisah Felipe Massa tidak kalah dramatis. Memulai lomba dari posisi ke-16 setelah mengalami kecelakaan pada kualifikasi babak Q2 kemarin, Massa finis di posisi kedelapan.

Dua posisi terakhir di sepuluh besar menjadi milik Kimi Raikkonen dan Daniel Ricciardo, masing-masing finis di posisi kesembilan dan kesepuluh.

Untuk pertama kalinya musim ini, Duo Mclaren Jenson Button dan Sergio Perez gagal menembus sepuluh besar. Perez finis di posisi ke-11 menyusul dibelakangnya Button yang finis di posisi ke-12.

Hasil F1 GP Kanada 2013:

1. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 70 laps 1hr 32m 09.143s
2. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 14.4s
3. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes +00m 15.9s
4. Mark Webber Australia Red Bull-Renault +00m 25.7s
5. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +01m 09.7s
6 Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Ferrari +1 lap
7. Paul di Resta Britain Force India-Mercedes +1 lap
8. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari +1 lap
9. Kimi Raikkonen Finand Lotus-Renault +1 lap
10. Adrian Sutil Germany Force India-Mercedes +1 lap
11. Sergio Perez Mexico McLaren-Mercedes +1 lap
12. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +1 lap
13. Romain Grosjean France Lotus-Renault +1 lap
14. Valtteri Bottas Finland Williams-Renault +1 lap
15. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari +2 laps
16. Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault +2 laps
17. Jules Bianchi France Marussia-Cosworth +2 laps
18. Charles Pic France Caterham-Renault +3 laps
19. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth +3 laps

Retirements

Esteban Gutierrez Spain Sauber-Ferrari
Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari
Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda