Scroll to Top

Google Dikabarkan Akuisisi Waze Rp 12,7 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Monday, 10 Jun 2013

Waze

Waze belakangan senter diberitakan didekati oleh Facebook. Namun, justru Google yang dikabarkan berhasil merangkulnya. Surat kabar daring Israel Globe yang dikutip The Next Web mewartakan jika proses akuisisi antara keduanya telah jajaki tahap akhir. Google sodorkan mahar hingga USD 1,3 miliar atau setara Rp 12,7 triliun.

Menurut koran online Israel tersebut, penjajakan Google telah masuki tahap final. Raksasa internet ini akan segera umumkan ke publik secara resmi perihal akuisisinya. Waze bukan startup sembarangan. Kemampuannya telah memikat perusahaan besar sekelas Apple, Facebook, dan tentu saja Google.

Jika melihat dari fitur Waze sendiri sejatinya juga dimiliki oleh Google. Namun, Waze miliki kelebihan sendiri terkait pemetaan sosial. Noam Bardin, CEO Waze akui jika perusahaannya sangat sulit jika bersaing dengan ‘pemain besar’. Tentu saja pemain yang dimaksud adalah yang miliki layanan serupa, Google.

Menariknya, kunci kesuksessan Google merangkul Waze karena daya tawar mereka. Waze dipersilakan tetap berkembang sendiri dan ‘tinggal’ di Israel. Ini berbeda dengan tawaran Facebook, dengan tawaran akuisisi USD 1 miliar namun meminta tim Waze untuk ‘boyongan’ ke AS.

Apple sempat dirumorkan tertarik pula akuisisi Waze. Ini dilakukan untuk menambal layanan pemetaan mereka yang berantakan di iOS 6. Waze sendiri pada Januari lalu dilaporkan miliki 36 juta pengguna dan kini telah sentuh di angka 50 juta. Keunggulan Waze adalah data trafik lalu lintas sosial secara real-time dari puluhan juta pengguna mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda