Share

Facebook

Pengguna FB pasti sering gunakan Facebook Search guna menelusuri sesuatu. Bisa pengguna lain, lokasi, laman, tautan, catatan, video, dan lainnya. Bila akun FB dipegang oleh orang yang salah dan diakses dengan bebas bisa bahaya. Anda harus menghapus riwayat Facebook Search sebelum aktivitasnya diketahui pihak lain.

Bukan ingin bersikap paranoid, namun hanya sekadar langkah pencegahan. Misalkan orang tersebut adalah bos atau pasangan Anda. Berabe bukan jika mereka mengetahui Anda telah sedang mencari informasi mantan atau lowongan pekerjaan baru?

Nah, untungnya riwayat Facebook Search ini bisa dihapus dengan cepat dan mudah. Anda tinggal akses satu fitur yang bernama Activity Log. Berikut tips cara menghapus riwayat Facebook Search di opsi tersebut.

  1. Masuk ke profil Facebook Anda dan klik opsi Activity log.
  2. Setelah masuk ke Activity log Anda akan melihat segala aktivitas yang dilakukan di Facebook. Mulai menyukai laman, memberi komentar, check-in, hingga pencarian.
  3. Di sidebar sebelah kiri klik MORE.
  4. Nantinya opsi MORE akan di-expand dan muncul lebih banyak opsi. Klik tulisan Search atau logo dengan gambar kaca pembesar (loop).
  5. Kemudian akan tertampil sejumlah aktivitas pencarian yang telah dilakukan. Jika ingin hapus secara manual satu demi satu tinggal klik logo disebelah ikon ‘gembok’. Jika ingin hapus secara otomatis semua Activity log terkait Search klik saja Clear Searches.
  6. Kemudian akan muncul jendela konfirmasi. Untuk menghapus riwayat secara keseluruhan sila klik Clear Searches.
  7. Kemudian Anda akan kembali ke laman Activity logMORESearch, perhatikan di laman tersebut, tak ada lagi riwayat penelusuran di Facebook Search.

Patut diingat jika fitur Activity log hanya Anda atau pemilik akun yang bisa melihat opsi ini. Jika merasa akun FB Anda tak aman atau banyak tangan yang bisa menjamahnya, saudara atau pasangan misalnya, tak ada salahnya untuk menghapus riwayat Facebook Search. Selain sebagai langkah pencegahan, toh langkahnya juga tak sulit.