Scroll to Top

Ji Dong-Won: Sensasi Baru Anak Muda Korea Selatan di Sunderland

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 12 Sep 2011

Bukan Park Chu-Yong yang menjadi berita di Korea Selatan minggu ini. Sang kapten timnas cuma duduk di bangku cadangan saat Arsenal, tim barunya, menekuk perlawanan Swansea City 1-0. Sebaliknya, sang penerus, Ji Dong Won yang mencuri perhatian.

Ji Dong Won yang dibeli Sunderland untuk menjawab kemandulan lini depan mereka, tidak turun 90 menit saat Sunderland menghadapi Chelsea. Bahkan, awalnya fokus pengamat lebih mengarah pada si bongsor Niklas Brendtner. Penyerang yang dibeli dari Arsenal itu turun 90 menit dan sempat “membuang” peluang ketika melepaskan sundulan kepala di depan gawang Chelsea.

Sunderland sendiri dalam pertandingan itu nyaris tak berkutik. Mereka keteteran oleh serbuan anak asuh Andre Villas-Boas. Barisan pertahanan Si Kucing Hitam yang dikomandoi veteran Wes Brown juga kerap melakukan kesalahan tak penting. Ketika keadaan berpihak pada sang lawan, Steve Bruce memasukkan pemain yang menyandang gelar top skorer Liga Korea tahun 2010 lalu.

Ji Dong Won pun menjawab kepercayaan sang bos. Di menit terakhir, ketika pendukung Sunderland bahkan sudah meninggalkan bangku stadion, Ji sukses meneruskan umpan cantik Brendtner untuk mencetak gol pertamanya di Liga Inggris. 1-2, Sunderland memang terlambat dalam segalanya, tapi gol Ji jelas menunjukkan setidaknya ada perbaikan di lini depan mereka yang melempem.

Sebelumnya, Ji sudah tampil dua kali dari bangku cadangan untuk Sunderland. Namun, sejak saat ini, pemain berusia 20 tahun itu siap menebar ancaman untuk klub mana pun di Premier League. Ia mungkin terlihat ringkih, tapi memiliki umpan terarah dan insting mencetak gol yang cukup tinggi. Tengok saja torehan golnya untuk Korea Selatan, 8 gol dari 12 pertandingan. Untuk ukuran pemuda 20 tahun, adakah yang lebih mengesankan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda