Opera Mini 5
Opera Mini 5

Opera Mini 5 adalah sebuah browser berbasis Java yang dikembangkan oleh Opera untuk mengakomodasi ponsel java non smartphone yang sampai saat ini masih cukup eksis. Harus diakui bahwa pamor ponsel Java telah pudar karena munculnya smartphone yang mengusung pelbagai macam sistem operasi yang memiliki fitur canggih.

Meski ponsel Java telah turun pamor, tetapi ponsel jenis ini masih eksis di pasar ponsel kelas low-end untuk pengguna ponsel pemula atau yang sering disebut dengan feature phone. Opera mengakomodasi hal tersebut dengan menghadirkan browser Opera Mini 5 untuk ponsel Java.

Apa yang ditawarkan oleh Opera Mini 5 sebagai browser untuk ponel Java ini? Salah satu kelebihan browser Opera Mini 5 ini adalah kompatibilitasnya yang tinggi terhadap pelbagai merek dan tipe ponsel Java yang beredar di pasar saat ini. Bahkan, browser Opera Mini 5 ini dapat berjalan di ponsel merk lokal dengan baik.

Browser Opera Mini 5 ini menawarkan kompresi yang tinggi yang diklaim hingga 90%, sehingga browsing menggunakan browser Opera Mini 5 menjadi lebih cepat. Kompresi data ini cukup penting mengingat sebagain besar ponsel Java kelas low-end hanya dibekali dukungan hingga EDGE saja yang menawarkan kecepatan maksimal 234Kbps.

Pembesut browser asal Norwegia ini juga mengklaim bahwa Opera Mini 5 ini hemat pulsa ketika digunakan untuk berselancar di dunia maya, mengapa? Hal ini karena browser Opera Mini 5 mampu melakukan kompresi data yang tinggi, sehingga pengguna hanya mengunduh data berukuran kecil. Semakin sedikit data yang dikonsumsi, tentu saja akan semakin hemat pulsa.

Opera Mini 5 juga menghadirkan fitur download manager untuk memudahkan pengguna dalam mengunduh data. Tak hanya itu, Opera Mini 5 dilengkapi dengan Speed Dial yang menampilkan shortcut untuk akses ke situs yang sering dikunjungi. Penasaran? Silahkan unduh melalui tautan ini.