Scroll to Top

PSSI Jalin Kerjasama Serius dengan KNVB Belanda

By Aditya / Published on Monday, 10 Jun 2013

pssi knvb

Usai laga persahabatan antara Timnas Indonesia kontra Belanda di Jakarta beberapa waktu lalu, PSSI segera bergerak cepat untuk menjalin kerjasama serius dengan federasi sepakbola Belanda KNVB. Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, yang mengungkapkan bahwa PSSI dan KNVB telah berkomitmen untuk bermitra dalam upaya memajukan sepakbola Indonesia.

“Kami (PSSI) sudah melakukan pembicaraan sesuai dengan yang kami inginkan. Selanjutnya kami akan buat kerjasama yang serius,” tandas Djohar Arifin Husin di Jakarta belum lama ini.

Pembicaraan mengenai kerjasama ini dilakukan langsung oleh Djohar Arifin Husin dengan Presiden KNVB, Michael van Praag, di kantor PSSI. Setidaknya ada tiga program utama yang menjadi pokok kerjasama PSSI dengan KNVB. Ketiga program tersebut yaitu pengembangan pemain muda, peningkatan kualitas kepelatihan, dan peningkatan kualitas wasit.

Indonesia harus belajar banyak pada pembinaan pemain muda di persepakbolaan Belanda karena telah terbukti banyak menghasilkan pemain yang nantinya menjadi bintang sepakbola dunia, seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, hingga para penerusnya seperti Erik Pieters, Jeffrey Bruma, Georginio Wijnaldum, Kevin Strootman, Luuk de Jong, Ola John, dan lainnya.

Begitupula dengan jalannya kompetisi dan perwasitan di Belanda yang bisa dijadikan salah satu acuan agar persepakbolaan di Indonesia yang selama ini lekat dengan berbagai macam masalah menjadi lebih baik.

“Kita tahu pembinaan sepakbola Belanda menghasilkan pemain yang luar biasa,” kata Djohar Arifin Husin.

“Program kita adalah peningkatan kualitas wasit, sehingga mutu pertandingan bisa meningkat jika punya wasit yang berkualitas,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda