Scroll to Top

Timnas Indonesia dan Belanda Bagaikan Bumi dan Langit!

By Aditya / Published on Monday, 10 Jun 2013

timnas indonesia belanda m. roby

Usai dikalahkan Belanda dengan skor 0-3 di Jakarta beberapa waktu lalu, pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, mengakui perbedaan Timnas Indonesia dengan de Oranje yang bagaikan bumi dan langit. Oleh sebab itu, kendati kalah, pelatih asal Brasil ini menyatakan salut atas perjuangan para pemain Timnas Indonesia.

Menurut Jacksen F. Tiago, level Timnas Indonesia sekarang belum bisa menandingi tim sebesar Belanda. Indonesia masih terseok-seok di Asia, bahkan di tataran Asia Tenggara sekalipun, sedangkan Belanda sudah mantap di Eropa, bahkan menduduki level atas di persepakbolaan dunia.

“Saya salut atas perjuangan anak-anak. Kami berada di level Asia Tenggara, sedangkan lawan kami berada di level dunia. Mereka salah satu tim terbaik Eropa dan menduduki peringkat kedua dunia,” ujar Jacksen F. Tiago di Jakarta belum lama ini.

Belajar atas kekalahan dari Belanda, Jacksen F. Tiago mencermati bahwa masih banyak yang harus dibenahi dalam persepakbolaan nasional untuk ke depannya, termasuk Timnas Indonesia. Pembinaan pemain muda dan jalannya kompetisi yang berkualitas mutlak dibutuhkan untuk menjamin tim nasional yang kuat dan solid.

“Banyak sekali yang harus dibenahi ke depan, cuma tidak salah kalau kami berikan apresiasi atas perjuangan anak-anak (Timnas Indonesia),” tandas pelatih yang masih menukangi Persipura Jayapura ini.

Di laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu, Timnas Indonesia memang terlihat sangat kewalahan menghadapi Belanda yang tidak menurunkan materi pemain terbaiknya.

Setelah sempat menahan imbang tim Oranye di babak pertama berkat aksi gemilang yang ditunjukkan oleh Kurnia Meiga dan Victor Igbonefo, Belanda akhirnya mampu mengoyak gawang Indonesia sebanyak tiga kali di babak kedua lewat dua gol Sim de Jong dan satu gol tambahan dari Arjen Robben.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda