Scroll to Top

Mac Pro Terbaru Dipamerkan Apple, Komputer Super Berbentuk Silinder

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Jun 2013
Apple MacPro
Apple MacPro

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu kehadirannya, Apple akhirnya memamerkan komputer desktop super yang membidik pasar profesional, Mac Pro. Berbeda dengan MacPro generasi sebelumnya, generasi terbaru Mac Pro ini mengusung perubahan desain yang sangat radikal karena komputer desktop super besutan Apple ini mengusung desain berbentuk silinder.

Apple menampilkan Mac Pro generasi terbaru di ajang Apple WWDC dengan desain radikal yang disebut dengan “Cube” Mac. Casing MacPro generasi terbaru tersebut berbentuk silinder dengan warna hitam glossy. Tak hanya itu, Mac Pro generasi baru ini mengusung sistem pendinginan yang unik, Phil Schiller dari pusat desain Apple menyebutnya sebagai “Thermal Core”.

Seperti apa sebenarnya solusi pendinginan thermal core sebenarnya? Apple menempatkan heatsink di tiga sisi pada bagian tengah casing. Masing-masing heatsink tersebut bertugas untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh masing-masing PCB MacPro. Panas yang diserap oleh heatsink tersebut akan dibuang melalui hembusan kipas berukuran besar yang berada di bagian bawah casing dan membuang panas keluar melalui bagian atas casing.

MacPro
Thermal Core

Sektor spesifikasi, Mac Pro ini adalah salah satu komputer desktop super yang membidik pasar kelas profesional, sehingga spesifikasi yang diusungnya pun cukup gahar. Mac Pro generasi baru ini ditenagai oleh prosesor Intel Xeon hingga 12 core yang dipadukan dengan dua pengolah grafis dari AMD FirePro akan menghasilkan kinerja yang amat dahsyat.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (10/06/2013), Mac Pro generasi baru ini juga dilengkapi dengan enam port Thunderbolt 2, memori berteknologi ECC, dan flash storage berbasis PCIe.

“Dengan prosesor Xeon, dual FirePro GPU, memori ECC, PCIe berbasis flash dan Thunderbolt 2, semua dibangun sekitar thermal core revolusioner, generasi berikutnya Mac Pro adalah Mac yang paling radikal. Semua ini kinerja dan upgrade dikemas ke dalam desain baru yang dramatis dan terbaik dari semua, itu akan dirakit di sini di Amerika Serikat,” kata Phill Schiller, Senior VP Pemasaran Worldwide Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda