Scroll to Top

iTunes Radio, Layanan Streaming Musik Baru dari Apple

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 11 Jun 2013

iTunes Radio

Apple merilis layanan streaming musik baru bernama iTunes Radio. Produk ini siap menantang layanan serupa macam Google Play Music, Spotify, Pandora, serta Last.fm.

Layanan ini memang meleset dari perkiraan awal. Diyakini, Apple bakal merilis iRadio. Masih dalam perhelatan WWDC 2013, iTunes Radio diperkenalkan bersama iOS 7 dan OS X Mavericks.

iTunes Radio sendiri bakal tersedia di iOS 7 ketika OS tersebut resmi dirilis ke publik. Diperkirakan, iOS 7 akan dilepas pada musim gugur ini bersamaan dengan peluncuran iPhone 5S.

Salah satu keunikan iTunes Radio adalah kemampuannya tatkala mendengarkan berdasar tren musik di Twitter. Tak hanya itu saja, pengguna bisa membagikan tautan lagu tersebut ke user lain

Tak sekadar menikmati secara langsung, iTunes Radio juga memungkinkan pengguna membeli lagu terpilih. Singkatnya, layanan ini siap bersaing dengan produk streaming lain yang serupa.

Sebut saja Google Play Music All Access yang baru diluncurkan Google pada pertengahan bulan lalu. Layanan ini miliki tarif bulanan USD 9,99 dengan konten musik yang tanpa batas.

Pengguna bahkan dapat diskon hingga USD 7,99 sebelum berlangganan hingga 30 Juni 2013. Masa trial, pengguna memeroleh sesi gratis hingga 30 hari.

Selain Google Play Music All Access masih ada Spotify. Layanan ini dibanderol USD 9,99 per bulan. Ini belum lagi Pandora. Miliki tarif lebih mahal USD 3,99 per 30 hari.

Dengan kompetitor yang tidak sedikit di atas, apakah iTunes Radio mampu mendapatkan tempat di hati penikmak musik? Apple yakin untuk itu. Sebab, iTunes Radio tak hanya hadir di iOS. Layanan ini juga mendukung Apple TV dan Mac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda