Scroll to Top

Liga Inggris: Menanti Pertemuan Mourinho Dengan Tiga Eks Asistennya

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 11 Jun 2013

Clarke-VillasBoas-Rodgers

Kembalinya Jose Mourinho ke Chelsea dan Liga Inggris memang menghadirkan banyak cerita. Salah satunya adalah akan bertemunya Mou dengan tiga eks asistennya semasa ia masih membesut Chelsea pada 2004-2007 silam. Ketiga eks bawahan Mou saat itu tak lain tak bukan adalah Andre Villas-Boas, Steve Clarke, dan Brendan Rodgers.

Ketiganya memang menjadi bagian dari tim kepelatihan Mou di The Blues saat itu. Jika AVB dan Clarke membantu Mou di tim utama, maka Rodgers saat itu berada di tim reserves Chelsea. Dan kini saat Mou kembali menangani Chelsea, ketiganya sudah setara statusnya dengan Mou, yakni sebagai manajer klub Premier League pula.

Setelah lepas dari Mou pada 2009, Villas-Boas lantas menerima tantangan dari Academica de Coimbra untuk melatih klub tersebut. Setelahnya AVB berturut-turut membesut FC Porto (2010-2011), Chelsea (2011-2012), dan setelahnya menangani Tottenham Hotspur hingga kini.

Sementara itu Clarke masuk ke jajaran kepelatihan Chelsea pada 2004 atau saat Mou mulai menduduki jabatan manajer Chelsea. Ia lantas pergi dari Stamford Bridge pada 2008 untuk kemudian menjadi “orang nomor dua” di West Ham United dan Liverpool. Clarke baru beralih profesi menjadi manajer pada 8 Juni 2012 saat menangani West Bromwich Albion dan bertahan hingga kini.

Mou cs 2004
Rui Faria, Jose Mourinho, Andre Villas-Boas, Silvano Lauro, Steve Clarke, Baltemar Brito

Terakhir ada nama Rodgers. Pria asal Irlandia Utara itu memulai kariernya sebagai juru taktik di tim reserves Chelsea pada 2006-2008. Setelahnya, ia mengikuti jejak Villas-Boas dan Clarke dengan berturut-turut menjadi manajer Watford (2008-2009), Reading (2009), Swansea City (2010-2011).

Performa gemilang Rodgers kala membawa Swansea promosi ke Premier League serta keberhasilannya mempertahankan Swansea di divisi teratas sepakbola Inggris dengan menyajikan sepakbola menghibur membuat Liverpool kepincut. Maka, jadilah per awal musim 2012-2013 Rodgers bertugas di Anfield hingga kini.

Tentu akan sangat menarik kala Chelsea bertemu dengan Spurs, Albion, maupun Liverpool musim depan. Jika musim lalu hanya ada pertemuan antar “anak buah”, maka mulai musim depan sang anak buah akan bertemu dengan sang bos di satu liga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda