Share

Norwegia 1-1 Italia

Enam pertandingan Grup A Piala Eropa U-21 2013 di Israel telah selesai dilakoni. Italia dan Norwegia berhasil keluar sebagai dua terbaik dan berhak melaju ke babak semifinal, meninggalkan tuan rumah dan Inggris yang harus terdepak. Sementara itu, Manolo Gabbiadini berkibar dengan dua golnya di grup ini.

Italia memang layak menjadi yang terdepan di Grup A ini. Mengusung para pemain andalan, tak sulit bagi pelatih Devis Mangia untuk meracik strategi dengan tim bermaterikan para pemain seperti Luca Caldirola, Marco Verratti, Alessandro Florenzi, dan Lorenzo Insigne.

Hasilnya? Italia meraih dua kemenangan serta gawang Francesco Bardi hanya bobol sekali, itu pun hanya dari titik putih lewat ulah kapten Norwegia, Stefan Strandberg.

Sementara itu, Inggris yang diprediksi bisa berbicara banyak di turnamen kali ini justru malah tampil memalukan. Tiga pertandingan yang mereka lakoni semua berakhir dengan kekalahan. Ironisnya, mereka hanya bisa mencetak satu gol lewat eksekusi penalti Craig Dawson disaat pertahanan mereka dijebol lima kali oleh lawan-lawannya.

Norwegia sendiri juga bermain bagus di tiga pertandingan Grup A ini. Dua hasil seri lawan Israel dan Italia serta satu kemenangan atas Inggris membuat anak asuh Tor Ole Skullerud melenggang ke semifinal menemani Azzurrini.

Israel? Tuan rumah yang diprediksi bakal menjadi bulan-bulanan lawan berhasil menepis perkiraan tersebut. Menang lawan Inggris dan menahan imbang Norwegia adalah hasil bagus bagi anak asuh Guy Luzon. Mereka memang sempat dibantai Italia 4-0, tapi itu juga karena mereka bermain dengan 10 orang sehingga Italia bisa mencetak tiga gol tambahan.

Baik Italia maupun Norwegia masih akan menanti siapa lawan mereka dari Grup B, entah Spanyol atau Belanda. Italia sebagai juara Grup A akan bersua dengan runner-up Grup B. Sebaliknya Norwegia yang berstatus runner-up Grup A akan bertemu dengan juara Grup B.

Berikut adalah klasemen akhir Grup A Piala Eropa U-21 2013:

No.
Klub M M S K SG Nilai
1 Italia 3 2 1 0 6 – 1 7
2 Norwegia 3 1 2 0 6 – 4 5
3 Israel 3 1 1 1 3 – 6 4
4 Inggris 3 0 0 3 1 – 5 0

Dan berikut adalah top skor Grup A Piala Eropa U-21 2013:

  • 2 gol: Manolo Gabbiadini (Italia)
  • 1 gol: Lorenzo Insigne (Italia), Riccardo Saponara (Italia), Alessandro Florenzi (Italia), Andrea Bertolacci (Italia), Marcus Pedersen (Norwegia), Harmeet Singh (Norwegia), Fredrik Semb Berge (Norwegia), Jo Inge Berget (Norwegia), Magnus Eikrem (Norwegia), Stefan Strandberg (Norwegia), Nir Biton (Israel), Alon Turgeman (Israel), Ofir Kriaf (Israel), Craig Dawson (Inggris)