Scroll to Top

Piring Kecil Membuat Anak-Anak Tidak Makan Berlebihan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Jun 2013

anak makan

Saat ini, anak-anak cukup rentan dengan masalah obesitas. Wajar saja, karena mereka telah dikenalkan dengan berbagai makanan kaya lemak dan garam yang sebenarnya tidak sehat buat. Ditambah lagi, anak-anak lebih menggemari makanan cepat saji dibanding makanan rumah yang lebih terkontrol kualitasnya. Dipadu dengan mengemil tanpa kontrol dan kebiasaan hidup kurang gerak, berat badan pun naik tanpa bisa dihindari.

Sebenarnya mengatur anak-anak untuk tidak makan berlebihan itu mudah. Temuan yang dimuat jurnal Pediatrics mungkin bisa membantu. Studi yang dilakukan Temple University menemukan, membiarkan anak mengambil sendiri makanannya menggunakan piring yang lebih kecil, akan membantunya untuk mengambil makanan dalam porsi tidak berlebihan. Hal ini mungkin bisa berubah menjadi kebiasaan jika dilakukan dengan rutin.

Dikutip dari She Knows, studi ini melibatkan 42 siswa. Mereka diminta mengambil makanannya sendiri saat siang hari. Beberapa hari mereka piring berdiameter 7 ¼ inci, sementara beberapa hari lainnya memakai piring berdiameter 10 ¼ inci.

Hasilnya, saat anak-anak memakai piring besar, mereka menambahkan 90 kalori dalam mengambil makanan. Sementara itu, ketika piring kecil yang disodorkan, anak-anak justru bisa memotong kalori hingga setengahnya dari makanan yang diambil.

“Studi menunjukkan bahwa ketika anak-anak melayani diri mereka sendiri secara berlebih, mereka akan makan lebih banyak,” kata Jennifer Orlet Fisher, penulis studi.

Namun menurut Fisher, mengganti ukuran piring ini bukanlah cara untuk mengontrol makan pada anak-anak. Justru yang lebih penting adalah menanamkan kebiasaan untuk tidak makan secara berlebihan. Menanamkan kebiasaan makan yang baik pada anak-anak lebih memerlukan kesabaran dibanding menasihati orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda