Gagal di hadapan pendukung sendiri pada MotoGP Mugello, Minggu (2/6/13) kemarin, Valentino Rossi berniat membalas kekalahannya itu dengan menargetkan podium di seri Catalunya, Spanyol akhir pekan besok. Podium adalah harga mati. Rossi tidak mau mengecewakan pendukungnya lagi.

Janji The Doctor tidak hanya melingkup perihal podium. Di Catalunya nanti, supaya memudahkan pencapaian posisi terdepan, Rossi berniat tampil maksimal di sesi kualifikasi. Ia ingin memulai start dari posisi depan.

Kecelakaan yang ia alami di tikungan kedua Mugello akibat berbenturan dengan Alvaro Bautista sebenrnya menyisakan rasa sakit bagi Rossi. Untungnya hal tersebut tidak begitu mengganggu aktivitas The Doctor berikutnya. Ia tidak mengalami cedera apa pun, sehingga mampu berlatih untk persiapan Catalunya.

“Beberapa hari setelah kecelakaan di Mugello, seluruh badan saya sakit. Untungnya saya bisa mulai berlatih lagi secepatnya dan saya tak mau membuang waktu saya. Balapan di Barcelona akan sangat penting, terutama setelah hasil terakhir yang saya dapat,” jelas Rossi.

“Saya ingin mendapatkan podium di Spanyol dan saya akan melakukan yang terbaik seperti biasanya. Akan sangat penting memulai balapan di posisi terbaik dan meraih hasil bagus di kualifikasi. Akan sangat penting memulai balapan dari depan,” lanjutnya seperti dilansir Crash.

Track record Rossi di Catalunya terbilang baik. Rossi mengambil kemenangan kelas 125cc pada tahun 1997, diikuti kemenangan kelas 250cc pada tahun 1998 dan 1999. Di kelas premier ia memenangi seri Catalunya pada tahun 2001, 2002, 2004, 2005, 2006 dan 2009 ketika menyalip rekan setimnya Jorge Lorenzo jelang akhir balapan. Sementara di tahun lalu bersama Ducati ia finish posisi ke tujuh.

Kegagalan Rossi di Mugello berdampak besar pada posisi The Doctor di klasemen sementara MotoGP. Ia kini ada di urutan keenam.