Scroll to Top

Audi Kembangkan Bahan Bakar Bertenaga Sel A7

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Jun 2013

Audi-A7

Audi sedang mengembangkan bahan bakar bertenaga sel A7. Bahan bakar ini sudah mulai dibuat prototipenya dan segera diujicobakan pada akhir Agustus depan. Wolfgang Durheimer, kepala teknis Audi mengatakan, A7 mungkin akan menjadi salah satu teknologi berkelanjutan dari bagian perusahaan baru, “tron”. Demikian dikuti dari Inautonews.

Sel bahan bakar A7 bekerja dengan membuat panas dan listrki dari reaksi elektro kimia antara oksigen dan bahan bakar. Dalam penggunaan di dunia otomotif, sel bahan bakar menggunakan hidrogen dan oksigen dari udara sebagai bahan bakar. Sehingga, produk yang diperlukan adalah air.

Sementara itu A7 menghasilkan listrik yang mampu dipakai untuk mengisi baterai  atau untuk mendorong mesin listrik sebagai penggerak. Bagian termokopel akan menangkap limbah panas dan membangkitkan listrik tambahan atau untuk sistem termal.  Sejenak mengingat percobaan sebelumnya, Audi telah menguji Q5 HFC yang memakai dua silinder yang berisi hidrogen bertekanan tinggi untuk menggerakkan motor listrik ganda Q5 HFC. Itu terjadi pada 2009 silam.

Mobil yang memiliki tenaga hidrogen hanya memancarkan air. Hal tersebut dapat mengisi bahan bakar dengan cepat dibandingkan dengan EVS. Mobil bergantung pada pada bahan bakar ini untuk mempertahankan status mobil yang ramah lingkungan. Audi pun tetap berminat untuk pengembangan bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi, seperti gas alam atau hidrogen. Selama mampu memainkan peran penting dalam peningkatan teknologi baterai, riset mungkin akan terus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda