Scroll to Top

Spanyol vs Rep. Irlandia 2-0: Hasil Pertandingan Persahabatan 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Jun 2013

Spanyol vs Irlandia

Gol tendangan voli Roberto Soldado (’70) dan Juan Mata (’88) membawa hasil pertandingan Spanyol vs Republik Irlandia berakhir dengan skor 2-0. La Furia Roja dibuat frustrasi menembus kokohnya barisan pertahanan Robbie Keane dkk. dalam pertandingan persahabatan internasional ini. Hasil yang mengkhawatirkan karena sebelumnya anak asuh Vicente del Bosque juga cuma menang 2-1 atas Haiti.

Spanyol yang menggunakan pertandingan ini sebagai pemanasan terakhir sebelum berpartisipasi di Piala Konfederasi 2013, menurunkan satu penyerang tunggal, David Villa. Di posisi penjaga gawang, ada nama Victor Valdes. Menghadapi Republik Irlandia yang diasuh oleh Giovanni Trapattoni, seperti biasa, La Furia Roja menguasai bola.

Namun, seperti yang sudah-sudah pula, juara Euro 2012 ini kehilangan peluru mematikan di depan gawang David Forde. Memiliki lini tengah seajaib apa pun, jika penyelesaian akhir tidak beres, rasanya percuma. Dan Irlandia pun sukses menahan imbang pasukan Vicente Del Bosque 0-0 sebelum turun minum.

Itu tentu dengan catatan. Kesempatan Pedro Rodriguez menyambar bola di menit 32 melayang. David Villa menambah derita Spanyol dengan peluang yang diantisipasi dengan baik oleh Forde di menit 38. Lalu, David Silva yang merebound sepakan Pedro Rodriguez selang empat menit tetap tak bisa berbuat banyak. Salut untuk lini belakang Irlandia, dan La Furia Roja dibuat frustrasi.

Spanyol vs Irlandia 3

Spanyol vs Irlandia 2

Keadaan tidak berubah setelah laga berlangsung satu jam. Tak ada cara lain kecuali mengganti pemain. Roberto Soldado dimasukkan, demikian pula Cesc Fabregas. Dan rasa penasaran Spanyol terjawab selang 10 menit.

Soldado, pria yang menurut media Spanyol lebih baik tidak dilibatkan ke Piala Konfederasi 2013, membuyarkan kritikan. Berawal dari serangan dari sayap yang mentah, Alvaro Arbeloa menusuk, mengontrol bola dengan cantik, lalu Roberto Soldado dengan timing yang tepat melesakkan gol dengan tembakan volinya di menit 68.

Gempuran La Furia Roja bukannya tidak dijawab Irlandia. Mereka sempat mengancam melalui James McClean di menit 81. Untunglah ada Iker Casillas. Selang semenit, gawang Spanyol jebol, tapi kali ini pemain Irlandia terjebak off side terlebih dahulu.

Juan Mata akhirnya menjadi jawaban bagi Vicente Del Bosque. Ia mencetak gol kedua sekaligus menenangkan tim menjelang Piala Konfederasi 2013. Skor 2-0, Spanyol masih tetap harus waspada dengan penyelesaian akhir mereka yang cukup meresahkan.

Spanyol: Valdes (Casillas ’59), Arbeloa, Pique, Ramos, Alba; Busquets; Pedro (Santi Cazorla ’80), Xavi (Juan Mata ’69), Silva (Navas ’46), Iniesta (Fabregas ’59); Villa (Soldado ’59)

Republik Irlandia: D. Forde (Darren Randolph ’74); P. McShane, D. O’Dea, S. St. Ledger, S. Kelly (Damien Delaney ’90); J. McCarthy (David Meyler ’84), J. Hendrick (S. Quinn ’46); R. Keane (S. Cox ’57), A. Keogh (James McClean ’74), S. Coleman; C. Sammon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda