Scroll to Top

Mobil Masa Depan Bakal Banyak Bagian yang Direkatkan Pakai Lem

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Jun 2013

produksi mobil

Tahukah Anda? Perekat atau lem, kini menjadi bahan yang diperhitungkan dalam dunia otomotif. Lem dipakai untuk mendukung agar kendaraan makin ringan dan memenuhi tuntutan dari peraturan emisi. Namun, lem yang dipakai berkualitas tinggi. Salah satunya dipakai untuk menyerap energi saat terjadi tabrakan atau muncul getaran.

Dikutip dari Antara, perusahaan lem mengalami untung besar karena hal ini. Variasi lem berkualitas dibuat untuk memenuhi permintaan produsen mobil. Lem tersebut memiliki kekuatan rekat yang sangat memadai. Keawetannya merekatkan material teruji dalam segala kondisi.

Penggunaannya misalnya pada penyatuan alumunium dan komposit eksotik. Kedua bahan ini harus disambungkan dengan lem. Sebab, las tidak bisa digunakan. Beberapa produsen yang telah menerapkannya penyambungan ini adalah VW, Daimler, dan PSA Peugeot Citroen. Sebagai informasi, tahun 2012, rata-rata berat kendaraan bermotor adalah 1.400 kilogram. Penggunaan bahan ringan dengan dilem bisa menjadi solusi pengurangan berat.

Jika Anda melihat sepatu Crocs atau senar raket tenis, kira-kira lem yang dipakai adalah jenis yang dipakai untuk kedua benda tersebut.  Bahannya dari polyolefin. Penggunaan lem di sebuah bodi mobil hanya memakan berat 15 kilogram. Perekat ini mampu memperkuat kerangka bodi, membuat kendaraan lebih tenang, dan bisa menyerap guncangan lebih optimal.

Hanya saja, pemakaian lem ini sempat memakan tumbal. Pada 201 lalu, Ferrari mesti menarik 1.248 kendaraan seri 458 Italia gara-gara perekatnya berisiko meleleh dan bisa menimbulkan kebakaran. Perekat tersebut melekat di pelindung panas poros roda.

Sebuah kajian yang dilakukan IHS Automotive menemukan, uang yang beredar untuk bisnis lem industri otomotif ini mencapai 2,3 miliar euro.  Diperkirakan angka ini meningkat dalam 5-10 tahun mendatang di kisaran angka 33 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda