Scroll to Top

Kekurangan Vitamin D Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Naik

By C Novita / Published on Thursday, 13 Jun 2013

tekanan darah rendah

Penelitian terbaru mengungkap bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Vitamin yang berhubungan dengan sinar matahari ini sangat penting dalam pembentukan sistem imun tubuh, kesehatan tulang dan gigi, serta penyerapan kalsium.

Penelitian tersebut melibatkan hampir 155 ribu orang di Eropa dan Amerika Utara. Faktanya, mereka yang memiliki konsentrasi vitamin D tinggi pada darah mereka, tekanan darahnya lebih rendah. Sehingga resiko mereka menderita penyakit hipertensi jadi rendah.

Untuk setiap 10% kenaikan konsentrasi vitamin D, maka kemungkinan resiko terjadinya hipertensi turun hingga 8%.

Dr Vimal Karani yang memimpin penelitian cukup yakin dengan keakuratan hasil penelitian tersebut. Ia yang juga ahli di Institut Kesehatan Anak dari University College London berkata:

“Studi kami terbukti menunjukkan bahwa beberapa kasus penyakit jantung dapat dicegah melalui pemberian suplemen vitamin D atau fortifikasi pangan,” ungkapnya seperti dikutip dari Dailymail.

Seperti diketahui bahwa masyarakat di negara-negara barat memiliki masalah dengan kekurangan vitamin D karena kurangnya sinar matahari. Defisiensi itu terkait dengan tingkat penyakit jantung, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, kondisi auto-imun, serta penyakit terkait tulang.

Selain dari sinar matahari, sumber vitamin D lain berasal dari ikan-ikanan, telur, sereal, susu, serta hati. Untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi dapat juga dengan memperbanyak aktifitas fisik dan mengurangi makanan kaya garam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda