toyota agya

Toyota Agya akhirnya dipastikan siap dilempar ke pasaran Indonesia pada bulan Juli tahun 2013 mendatang (Kompas 28/05/13) setelah diperkenalkan bulan September tahun kemarin. Tentu berita ini disambut gembira oleh penggemar produk otomotif pabrikan Toyota di tanah air.

Sebelumnya memang masalah regulasi LCGC (terkait mobil ramah lingkungan) dari pemerintah yang belum deal-lah yang membuat peluncuran mobil ini terkendala.

Toyota Agya yang diperkenalkan sebagai salah satu jenis city car yang ramah lingkungan memang diharapkan bisa jadi solusi untuk buruknya tingkat polusi di kota besar.

Selain itu, harga yang dibandrol untuk satu unit mobil hasil kolaborasi Toyota dan Astra International ini lumayan ringan, yaitu sekitar Rp 75 juta sampai Rp 110 juta saja. Tentu ini menggembirakan bagi keluarga dari tingkat ekonomi menengah yang membutuhkan kendaraan untuk mendukung aktifitas mereka.

Nama Toyota Agya yang unik tersebut sengaja diambil dari bahasa Sansekerta, yang memiliki makna “Cepat”. Untuk kelas city car mungil, sebenarnya mobil ini telah memiliki pendahulu yang telah dipasarkan di Indonesia, antara lain Honda Brio, Mitsubishi Mirage, serta Nissan March.

Namun hal tersebut tak menghalangi penggemar produk pabrikan Toyota untuk menunggu kehadirannya. Terbukti bahwa telah 15.000 lebih konsumen pemesan yang menunggu tanggal diluncurkannya mobil imut itu.

Toyota Agya dapat dipilih dari 3 varian yaitu TRD-S, High-Grade (G), dan Medium-Grade (E), dengan spesifikasi unggulan masing-masing.