Scroll to Top

Timnas Indonesia Dibekuk Belanda, Ini Komentar Benny Dollo

By Aditya / Published on Thursday, 13 Jun 2013

timnas indonesia belanda van persie

Timnas Indonesia mengalami kekalahan 0-3 dari Belanda dalam laga persahabatan yang digelar di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Mengenai kekalahan Timnas Indonesia tersebut, Benny Dollo pun angkat komentar. Simak penilaian mantan pelatih Timnas Indonesia ini atas kekalahan yang diderita Boaz Solossa dan kawan-kawan dari tim Oranje.

Menurut Benny Dollo, taktik yang diterapkan oleh pelatih Jacksen F. Tiago sebenarnya sudah cukup tepat. Namun, pelatih yang kini menukangi Persija Jakarta ini berpendapat, ada baiknya di babak pertama Timnas Indonesia tidak sekadar bertahan saja dan mencoba mencari peluang untuk menyerang.

”Secara strategi sebenarnya sudah benar di mana transisi permainan dari menyerang ke bertahan harusnya seimbang,” ujar Benny Dollo di Jakarta belum lama ini.

“Saya pikir ada baiknya di babak pertama tidak terlalu bertahan, sehingga minimal timnas bisa mencetak peluang,” lanjut pelatih yang akrab disapa Bendol ini.

Mencari peluang semaksimal mungkin di babak pertama, kata Benny Dollo, adalah salah satu pilihan terbaik. Pasalnya, di babak kedua dipastikan stamina para pemain Timnas Indonesia sudah sangat terkuras sehingga konsentrasi berkurang. Namun, Bendol juga realistis bahwa perbedaan kekuatan Indonesia dan Belanda terpaut jauh.

”Di babak kedua, stamina pemain sudah berkurang sehingga penjagaan terhadap pemain melemah. Tapi sekali lagi, Belanda memang di atas kita,” tandas Benny Dollo.

“Mau main pakai pola 4-2-3-1 atau 3-5-2 sama saja. Yang utama sekarang adalah memperbaiki konsentrasi. Untuk masalah bola crossing misalnya, banyak pemain yang hanya terpaku pada bola. Padahal ada pemain lawan di belakang mereka. Ini sudah menjadi masalah klasik,” tutup Bendol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda