Scroll to Top

WhatsApp Cetak Rekor Baru, Kirim 27 Miliar Pesan Per Hari

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 13 Jun 2013

whatsapp

WhatsApp saat ini posisinya memang terancam. Aplikasi ini dikepung oleh platform serupa yang berkecambah dari ranah Asia. Namun, hal itu sepertinya tak miliki pengaruh berarti. Terbukti WhatsApp mampu cetak rekor baru dengan 27 miliar pesan terkirim per harinya.

Dengan rekor ini boleh berasumsi jika kini aplikasi pesan instan bukan lagi sekadar alat komunikasi skunder. Bisa jadi, pengguna lebih memilih instan message ketimbang alat komunikasi reguler serupa. SMS misalnya.

WhatsApp sendiri kiprahnya di ranah instan message tak berdiri seorang diri. Dua atau tiga tahun lalu mungkin hanya WhatsApp dan Blackberry Messenger yang ketat bersaing. Kini, gempuran aplikasi pesan instan made in Asia tak bisa dibendung.

Tengok apa yang terjadi di Google Play. Di tiap pekannya, aplikasi populer didominasi oleh nama-nama itu saja. Dan memang aplikasi pesan instan macam LINE, WeChat, serta Kakao Talk serius menyodok pangsa pasar yang dikuasai BBM atau WhatsApp.

Lewat akun Twitter-nya, di linimasa WhatsApp mengabarkan catatan rekor ini. Secara total WhatsApp menklaim jika telah mengirim 27 miliar pesan per hari. Jika dibandingkan dengan angka tahun lalu, jumlah pesan terkirim alami peningkatan hingga 9 miliar. Tahun lalu mereka kirim 18 miliar pesan per 24 jam.

Ada dua hal yang bisa dicermati dari angka ini. Pertama, penetrasi WhatsApp sungguh luar biasa besar. WhatsApp juga umumkan telah miliki 200 juta pengguna aktif bulanan. Kedua, operator selular dipastikan terkena imbas. Pastinya pendapatan mereka dari sektor SMS mungkin saja berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda