Scroll to Top

Valentino Rossi Satu-satunya Rider MotoGP Masuk Majalah Forbes

By Naqib Najah / Published on Thursday, 13 Jun 2013

MotoGP 2013 Valentino Rossi Bisa Kembali Jadi Juara

Tidak ada kata akhir bagi Valentino Rossi. Sekalipun prestasinya di lintasan balap tidak sebaik beberapa tahun silam, nama Valentino Rossi tetap menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang masuk majalah Forbes tahun 2013. Ia dinobatkan sebagai rider MotoGP dengan penghasilan terbanyak.

Sebenarnya, kepindahan Rossi dari Ducati kembali ke Yamaha menyisakan banyak catatan dalam hal keuangan The Doctor. Berbeda ketika ia bersama Ducati, gaji Valentino Rossi bersama Yamaha kali ini terbilang surut. Lalu kenapa ia tetap menjadi rider MotoGP dengan penghasilan termahal?

Ketika Valentino Rossi bersama Ducati, ia mendapatkan gaji senilai 30 juta dolar sepanjang 2012, dengan perincian $ 17m dari gaji sementara $ 13m dari sponsor. Nilai 30 juta dolar jika dirupiahkan maka setara dengan Rp 293,5 miliar.

Di tahun ini, pendapatan Rossi menurun. Ia mengumpulkan 22 juta dolar dengan rincian $ 12m dari gaji dan $ 10m dari sponsor. Akumulasi nilai tersebut jika dirupiahkan senilai Rp215,2 miliar. Bandingkan, dari pendapatan Rp 293,5 miliar tahun 2012 kini menurun menjadi Rp215,2 miliar di tahun 2013.

Namun fakta itu tidak menghalanginya untuk dinobatkan sebagai rider termahal MotoGP. Forbes menempatkan nama Rossi di posisi 51 atlet dengan bayaran tertinggi. Ia satu-satunya rider MotoGP yang masuk majalah tersebut.

Rossi patut bangga, namun Rossi juga harus menelaah lagi. Pasalnya, dibanding ajang balap lainnya, penghasilan Rossi masih kalah. Fernando Alonso yang mengendarai Ferrari ini mendapat 30 juta dolar sepanjang tahun ini. Ia pun masuk di urutan 19. Sementara pebalap F1 yang terkenal kontroversial, Lewis Hemilton berada di urutan ke-26 dengan jumlah penghasilan 27,5 juta dolar. Sebastian Vettel masuk di urutan ke-89 dengan penghasulan 18 juta dolar atau sekitar Rp176 miliar.

Dengan catatan ini, apa iya Rossi tertarik untuk menerjuni F1 saja?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda