Scroll to Top

Kanker Serviks, Gejala dan Penyebabnya

By C Novita / Published on Friday, 14 Jun 2013

kanker serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker mematikan yang hanya menyerang wanita. Ia berkembang di leher rahim, dan dipicu oleh adanya infeksi virus HPV atau human papilloma virus. Penyebab seorang wanita dapat terinfeksi virus ini adalah gaya hidup yang tak sehat serta kerap berganti-ganti pasangan seks.

Ada beberapa kasus kanker serviks pula yang disebabkan oleh melahirkan di usia terlalu muda, berhubungan seks terlalu dini (sebelum usia 17 tahun), depresi, ketidakseimbangan hormon, tidak menjaga kebersihan organ vital, dll.

Indikasi awal seseorang telah terjangkit kanker serviks memang tak akan terlalu terlihat, kecuali bila stadium dari pertumbuhan sel kanker tersebut sudah memasuki fase tertentu. Gejalanya bisa berupa terjadi perdarahan tak wajar di luar masa haid atau usai berhubungan seks, nyeri di perut atau panggul, juga nyeri usai berhubungan intim.

Namun seperti jenis penyakit yang lain, kanker serviks juga tentu dapat dicegah. Salah satunya adalah dengan mengikuti vaksinasi HPV, yang dapat mulai diberikan pada remaja wanita di usia 12 tahun ke atas.

Memperkuat sistem imun tubuh dengan konsumsi makanan bernutrisi dan berantioksidan tinggi seperti sayur dan buah, alpukat, ikan laut, juga mampu mencegah timbulnya jenis kanker serviks pada wanita.

Sebaiknya kaum wanita juga menghindari berganti-ganti pasangan seks, merokok, minum-minuman beralkohol, serta mulai sering melakukan kegiatan olahraga sesibuk apapun aktifitas mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda