Scroll to Top

Piala Dunia 2014 Setahun Lagi: Siapa Juara di Brazil?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 14 Jun 2013

Piala Dunia 2014 Setahun Lagi Siapa Juara di Brazil

Genderang perang Piala Dunia 2014 sudah ditabuh. Tak terasa tinggal setahun lagi gelaran turnamen terbesar sejagat itu akan dimainkan di Brasil. Pele, legenda Brazil berharap negaranya mampu menjuarai Piala Dunia di kandang sendiri. Apakah mimpi tersebut tak akan terpupuskan oleh deretan negara seperti Spanyol, Jerman, Italia, Argentina, Belanda, atau bahkan Belgia?

“Kita menghitung mundur dimulainya selebrasi paling wahid. Adalah hal fantastis, diberi kesempatan untuk ikut serta dalam Piala Dunia, terutama karena saya terlibat dalam lima Piala Dunia yang dimenangi Brazil. Tiga di antaranya sebagai anggota tim. Kini saya berharap Brasil cukup beruntung untuk mengangkat trofi di kandang sendiri, pada 2014,” cetus Pele ketika memulai hitung mundur Piala Dunia di pantai Copacabana, Rio de Janeiro pada Rabu (12/6) lalu.

Jerome Valcke, sekretaris jenderal FIFA juga mencetuskan semangat terkait gelaran yang akan berlangsung setahun lagi. Ia juga menitikberatkan kenyataan unik antara Piala Dunia 2014 dengan Piala Konfederasi 2013.

“Ini adalah Piala Dunia ke-20 dalam sejarah. Sebuah pencapaian hebat; terutama karena Piala Dunia ini digelar di negara yang memiliki cinta yang demikian hebat untuk sepakbola. Sebuah kebetulan, baru ada dua tim yang lolos ke Brazil 2014, selain tuan rumah Brasil ada Jepang, dan keduanya bersua pada pembukaan Piala Konfederasi 2013 esok Sabtu (Minggu waktu Indonesia).”

Brazil 2014 sendiri bukan tidak mungkin menjadi memori yang menyakitkan bagi tuan rumah, seperti yang terjadi di Piala Dunia 1950. Saat ini tim Samba sering dikritik karena penampilan mereka yang kurang memukau di lapangan.

Sebuah kesempatan bagi negara-negara yang hingga kini masih berkutat di babak kualifikasi. Semisal Spanyol sang juara bertahan. Demikian pula Jerman yang harus juara dunia jika tidak ingin generasi emas yang dibentuk sekian lama, tidak mendapatkan gelar prestisius apa pun. Italia, Argentina,  dan Belanda juga sangat layak diperhitungkan. Negara seperti Belgia, yang bagai tak tersentuh di babak kualifikasi di Eropa, juga layak masuk hitungan.

Nah, siapa yang Anda jagokan menjuarai Piala Dunia setahun lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda