Scroll to Top

Media Sosial Buat Pengguna Makin Narsis

By Ibnu Azis / Published on Friday, 14 Jun 2013

narsis

Narsisme dan media sosial, dua hal ini seakan erat berhubungan. Dalam sebuah penelitian oleh tim dari Universitas Michigan terkuak, jika media sosial bisa buat pengguna makin narsis. Apa dan bagaimana penelitian tersebut?

Social media yang dimaksud adalah Facebook dan Twitter. Dua media sosial kondang yang miliki ratusan juta pengguna bahkan miliaran (FB). Para peneliti lakukan analisa di pelbagai posting status yang dipublikasikan di dua media sosial ternama di atas.

Dikutip dari Mashable, para partisipan penelitian ini adalah 486 mahasiswa dan 93 orang dewasa berusia 35 tahun. Tak hanya menganalisi postingan mereka yang dipublikasikan tiap hari, para peneliti juga amati waktu yang dihabiskan di dua jejaring sosial tersebut.

Hasilnya, mahasiswa dengan usia relatif muda miliki skor tinggi soal narsisme. Ini bisa dilihat dari segi superioritas, ekshibionis, dan eksploitasi. Masih dari kalangan usia muda, golongan ini kerap lakukan pelbagai cara guna kumpulkan dukungan.

Para responden muda, ujar salah satu peneliti, unggah foto dan melihat bagaimana foto itu bekerja. Mereka perhatikan respon teman-teman dan sebarkan pandangan untuk bermacam isu serta topik.  Menurut peneliti ini, anak muda harus lebih kritis tentang apa yang mereka ungkapkan di media sosial. Bukan untuk kepentingan mereka sendiri.

Dalam pada itu peneliti tak memeroleh kesimpulan adanya hubungan antara jumlah penggunaan media sosial dengan narsisme. Namun, meski tak ada hubungannya tetapi potensi itu ada. Media sosial bisa picu tingkat narsisme pengguna kian bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda